-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sekda Nisel

    Kab. Banyuasin

    Sports

    Terobosan IPSM Pemalang Dalam Penanganan Masalah Sosial

    Metronewstv.co.id
    Sunday, October 27, 2024, 12:42 WIB Last Updated 2024-10-27T05:42:01Z

    Pemalang - Kegiatan kemitraan antara Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Pemalang dengan RS. Siaga Medika Purbalingga,  mengadakan Pelatihan bagi Driver Mobil Siaga Desa/Ambulance.


    Kegiatan Pelatihan ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan, kesiapan dan kesigapan dalam memberikan pelayanan umum tentang pertolongan awal kegawatdaruratan yang menjamin keselamatan pasien serta dalam melakukan prosedur rujukan yang benar sebelum proses merujuk ke IGD Rumah Sakit, demikian disampaikan Ketua IPSM Kabupaten Pemalang Sugeng Rivadi. A.Md, saat Acara kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Pulosari, Sabtu (26/10/2024). 


    Secara umum materi kegiatan diberikan bagi para relawan sosial dan para Driver Mobil Siaga/Ambulance dalam pelaksanaan lapangan agar mengacu pada langkah langkah dan tata laksana dalam mengatasi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). 


    Perlu kita ketahui bersama bahwa IPSM Kabupaten Pemalang dalam penanganan permasalahan social yang ada dikabupaten Pemalang senantiasa membangun kemitraan dan komunikasi serta terus menjalin kerjasa dengan berbagai stakeholder yang ada guna bersama sama terus berupaya menangani permasalahan  sosial, dan hal itu merupakan upaya berkelanjutan bagi IPSM Kabupaten Pemalang agar bisa terus berkontribusi memberikan peran aktif dalam hal hal Sosial Kemasyarakatan. 


    Ketika ditanya keterkaitan masalah politik utamanya Pilkada yang saat ini sedang ramai-ramainya, Ketua IPSM menjawab bahwa IPSM adakah organisasi sosial, maka bila akan bermain politik bolehsaja tetapi boleh berpolitik secara personal dan harus melepas lepas baju organisasinyakarena PSM adalah relawan yang bergerak dalam penanganan masalah sosial", tegas Sugeng Riyadi.


    Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut melibatkan Narasumber team kesehatan dari rumah sakit siaga Medika Purbalingga sejumlah 4 orang yang mana dalam kegiatan tersebut dengan mengadakan pelatihan praktek langsung dan simulasi  sesuai kondisi pasien yang kritis dan bagaimana cara pemberian bantuan dan penanganan pada kasus darurat dilapangan semisal pasien ada kejadian patah tulang, patah kaki/tangan ataupun ataupun patah tulang leher dan kejadian darurat lainnya. 


    Semua disimulasikan secara langsung di dalam pelatihan ini agar selanjutnya bisa diimplementasikan dilapangan dan akan dapat meningkatkan kemampuan, kesiapan dan kesigapan dalam memberikan pelayanan umum tentang pertolongan awal kegawatdaruratan yang menjamin keselamatan pasien serta dalam melakukan prosedur rujukan yang benar sebelum proses merujuk ke IGD Rumah Sakit,


    Dalam kegiatan tersebut Ketua IPSM juga mengucapkan terimakasi kepada jajaran pengurus IPSM Kabupaten pemalang dan PSM wilayah Pemalang selatan  yang senantiasa bergerak sigap dalam penanganan masalah social. Tak lepas bahwa, Suksesnya acara hari ini berkat kerja sama itu IPSM Kabupaten Pemalang dan Rumah Sakit siaga Medika Purbalingga dan Rumah Sakit siaga Medika Pemalang, serta dukungan dinas social dan stakeholder pemerintah dan muspika kecamatan pulosari dan juga peran para relawan social kabupaten Pemalang. 


    "Dengan kegiatan pelatihan ini, Kami  berharap kedepannya IPSM Kabupaten Pemalang tetap bisa memberikan manfaat dan kontribusi kepada masyarakat, utamanya para driver ambulans dan juga para pekerja Sosial dalam penanganan masalah sosial yang ada di masyarakat dan terus bisa memberi manfaat untuk masyarakat.", pungkas Sugeng Rivadi.


    Acara kegiatan melibatkan Pengurus IPSM Kabupaten Pemalang, Kepala Dinsos KBPP Kab. Pemalang, Muspika Kec. Pulosari, Koord. Kepala Desa seKecamatan Pulosari, PKM Kecamatan Pulosari, Peserta Pelatihan, serta para Driver Mobil Siaga/Ambulance. 


    (Eko B Art).

    Komentar

    Tampilkan