-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pj. Gubernur dan Kepala BNPB, Ziarah Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh

    Metronewstv.co.id
    Saturday, October 12, 2024, 07:01 WIB Last Updated 2024-10-12T00:01:52Z

    Bireuen - Pj Gubernur Aceh,Dr. H. Safrizal ZA, M.Si, ikut mendampinggi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, melakukan  ziarah ke kuburan massal tsunami Aceh yang telah terjadi 20 tahun silam.


    Kegiatan ini dilakukan, dalam rangka peringati bulan peringatan pengurangan risiko bencana, kegiatan dipusatkan di kuburan massal Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Rabu kemarin (9/10)2024.


    Dalam musibah tsunami Aceh setidaknya lebih dari 14 ribu jiwa disemayamkan di kuburan massal." sebut Kepala BNPB.


    Saat proses tabur bunga, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto didampinggi Pj.Gubernur Aceh dan Forkopimda Aceh. 


    Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, mengatakan, Saya masih mengingat 20 tahun  pada tanggal 26 desember tahun 2004, pernah terjadi gempa stunami aceh yang bersekala diatas 9, itu yang namanya megathrust, namun baru baru ini ada isu akan ada terjadinya megathrust di wilayah indonesia, namun saya tidak menginginkan kejadian yang terjadi di propinsi aceh terulang kembali kemasa depan.


    Makanya saja kita selaku orang yang beragama, mudah - mudahan saja tidak terjadi lagi dimasa kita, oleh sebab itu kita mencoba untuk mencengah terjadinya bencana atau sebelum terjadinya bencana," sebut Suharyanto.


    Ditambahkan lagi, kegiatan ini merupakan rangkaian bulan penangulangan risiko bencana yang dilakukan setiap tahun, mulai tahun 2012, kami juga melakukan hal seperti ini secara bergiliran, terutama pada tempat - tempat yang rawan akan risiko bencana.


    Disebutkan bahwa, Propinsi Aceh adalah salah satu Propinsi yqng harus kita lakukan secara khusus, terkait penangulangan bencana.


    Memang isu megathrust sudah pernah terjadi di Propinsi Aceh, dan kita berharap kejadian itu tidak terjadi lagi.


    "Kalau kita lihat sekarang Propinsi Aceh tidak terlihat lagi bekas - bekas dari musibah tsunami yang terjadi 20 silam lalu, artinya kegiatan rekontruksi meskipun ada kekurangan namun sudah berjalan.


    Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, juga menegaskan tentunya kita harus  belajar dari pengalaman tersebut, sehingga langkah - langkah pencegahan bencana semangkin lama semangkin baik.


    (Hendra)

    Komentar

    Tampilkan