-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pj Gubernur Aceh Imbau Waspadai Bencana Banjir Longsor di Akhir Tahun 2024

    Metronewstv.co.id
    Saturday, October 12, 2024, 08:20 WIB Last Updated 2024-10-12T01:20:03Z

    Banda Aceh - Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA, meng imbau masyarakat Aceh agar selalu waspada terhadap  kemungkinan terjadinya bencana hidrometereologi basah yang akan terjadi di akhir tahun.


    Seperti disampaikan,Pj Gubernur Aceh, Safrizal kepada wartawan selesai menghadiri puncak kegiatan peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2024, yang dilaksanakan  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Balee Meuseuraya Aceh, Kamis kemarin.


    Sebut Safrizal, kita  sudah memasuki akhir tahun, namun kebiasaan pada bulan Ber-ber ini potensi bencana yang kemungkinan terjadi itu hidrometereologi basah, seperti banjir dan longsor, kerab terjadi,  oleh sebab itu, kita selalu mengimbau masyarakat tetap waspada dan segera melakukan upaya antisipasi,penangulangan bencana ” kata Safrizal


    “Alhamdulillah, seperti apa yang telah kita sampaikan kepada Kepala BNPB tadi, dimana tren bencana di Aceh di tahun 2024 ini menurun.


    Dikarenakan adanya upaya sosialisasi mitigasi bencana yang dilakukan Pemerintah melalui BNPB, BPBA dan sejumlah lembaga lainnya,” sebut,Pj Gubernur Aceh.


    Selain itu, Pj Gubernur Aceh pemahaman serta kesadaran masyarakat tentang mitigasi juga sudah sangat baik.persoalan ini sudah menjadi salah satu faktor angka kejadian bencana di Aceh yang relatif kecil mulai tahun 2024.


    Meskipun demikian, Safrizal mengingatkan, sosialisasi mitigasi harus terus dilakukan secara masif, supaya pemahaman masyarakat tentang kesiapsiagaan semakin baik.


    Menurutnya,“kita tidak bisa mencegah bencana, akan tetapai kita bisa meminimalisir dampak bencana, baik korban nyawa maupun harta benda. Oleh sebab itu  sosialisasi terkait mitigasi bencana harus terus jangan henti - hentinya kita lakukan secara masif, untuk membangun kesiapsiagaan dan ketangguhan  masyarakat dalam menghadapi bencana yang datang secara tiba - tiba." ucapnya.


    “ Pemerintah Aceh juga siap terjun langsung mengirimkan personil dan bantuan lainnya, ke daerah-daerah yang sedang tertimpa bencana,” sebut Pj Gubernur Aceh, Safrizal


    Pj Gubernur Aceh, Safrizal  sangat mengapresiasi BNPB atas penunjukan Aceh sebagai tuan rumah peringatan Bulan PRB 2024, Pj Gubernur Aceh optimis, kegiatan seperti ini  mampu membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemahaman terkait mitigasi bencana, dalam upaya membangun kesiapsiagaan dan tangguh bencana di Khususnya di Propinsi Aceh, umunya di Wilayah NKRI.


    Sementara, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, menjelaskan, meski kegiatan berupa seremoni, pada Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) pihaknya juga melakukan aksi nyata, dari penanaman mangrove, sosialisasi terkait mitigasi bencana dan bentuk kegiatan lainya.


    Pada tahun 2024, tren bencana cenderung menurun, kecuali di Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Barat yang mangkin tinggi angka kejadian bencananya,"kata Suharyanto


    Dalam hal ini, Kepala BNPB sangat yakin salah satu faktor penurunan ini disebabkan adanya kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang mitigasi bencana.


    “Upaya mitigasi akan terus kita lakukan secara masif, sebab BNPB  akan terus  mendukung  peringatan 20 tahun tsunami Aceh pada 26 Desember  mendatang agar pesan mitigasi disampaikan lebih luas kepada masyarakat" jelas Kepala BNPB.


    (Hendra)

    Komentar

    Tampilkan