-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sekda Nisel

    Kab. Banyuasin

    Sports

    Menuju Pemilu Damai dan Kondusif DPD APPI Kaur dan KPUD Gelar Sosialisasi Pilkada Damai

    Metronewstv.co.id
    Sunday, October 27, 2024, 20:25 WIB Last Updated 2024-10-27T13:25:26Z

    Kaur – Dalam rangka menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pengusaha Pers Indonesia (DPD APPI) Kaur bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaur melaksanakan kegiatan sosialisasi Pilkada Serentak 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) Desa Cucupan, Kecamatan Tetap, Minggu (27/10/2024).


    Acara ini mengusung tema “Wujudkan Pilkada Damai, Aman, dan Sukses, Pemilihan Jujur, Masyarakat Akur,” dengan tujuan mengedukasi masyarakat Kaur akan pentingnya menciptakan suasana damai dan kondusif selama pemilihan berlangsung.


    Hadiri dalam acara ini perwakilan dari KPUD Kaur, Syaheri; Kepala Kejaksaan Negeri Kaur yang diwakili oleh Yudi Syah Putra, SH.; Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPI Aprin Taskan Yanto, SE., MM., yang didampingi oleh Ketua DPD APPI Kaur, Epsan Sumarli; Kepala Desa Cucupan; serta kelompok masyarakat Kabupaten Kaur.

    Ketua KPUD Kaur, Muklis Aryanto yang diwakili Syaheri Wahyudi menyampaikan permohonan maaf karena Ketua KPUD Kaur tidak bisa hadir dalam acara ini, dkarenakan masih dinas luar. 


    Namun, beliau memberikan apresiasi serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada organisasi DPD APPI Kaur atas inisiatif dan dukungannya dalam menyelenggarakan acara ini, “Sehingga membantu KPUD Kabupaten Kaur untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kedamaian dan keharmonisan selama proses Pilkada, kata Syaheri.


    Narsum dari Kasi PB3R Kejaksaan Negeri Kaur, Yudi Syah Putra, SH., dalam paparannya menyampaikan imbauan kepada peserta sosialisasi untuk bersama-sama menjaga suasana damai dan sejuk dalam Pilkada Serentak 2024. Ia menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi antara berbagai elemen masyarakat seperti media, LSM, ASN, kepala desa, dan warga agar tercipta pemilu yang kondusif.


    Yudi juga mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok, khususnya dalam berbagi informasi terkait Pilkada.


     “Gunakan media sosial dengan hati-hati, sampaikan informasi yang berbasis data dan fakta,” tegasnya. Selain itu, ia memperingatkan tentang risiko penyebaran berita hoaks yang dapat menimbulkan dampak hukum, khususnya pelanggaran kode etik ITE dan pidana.


    Ketua Umum DPP APPI, Aprin Taskan yanto, selaku Narsum dalam paparannya menyoroti pentingnya peran jurnalis dalam menciptakan Pilkada yang damai dan kondusif. Menurutnya, jurnalis memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyampaikan informasi yang benar dan objektif, tanpa intervensi atau intimidasi dari pihak manapun.


    “Sebagai pilar keempat demokrasi, jurnalis harus berani menyampaikan kebenaran meskipun menghadapi ancaman atau tekanan. Publik berhak mendapatkan informasi yang objektif. Jika informasi itu benar, sampaikan kebenarannya. Jika salah, ungkapkan kesalahannya tanpa ragu,” ujar Aprin dengan penuh semangat.


    Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Kaur semakin siap menghadapi Pilkada Serentak 2024 dengan bijak, tenang, dan damai. Ajakan ini diharapkan menjadi komitmen bersama demi terciptanya pemilihan yang aman, sukses, serta membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.


    (Ilpitar)

    Komentar

    Tampilkan