-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Survey Seismik 2D di Wilayah Lepas Pantai Timur Pulau Nias

    Metronewstv.co.id
    Friday, October 11, 2024, 09:23 WIB Last Updated 2024-10-11T02:23:45Z

    Kabupaten Nias - Sosialisasi Pelaksanaan Survey Seismik 2D di Wilayah Lepas Pantai Timur Pulau Nias diselenggarakan oleh PT. Sinma Shipping Line, bertempat di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias, Kamis (10/10/2024).


    Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Kabag Lingkup Setda Kabupaten Nias, Danpos TNI AL Nias, Dansat Polairud Nias, Kepala KSOP Gunungsitoli, Kepala KPLP Gunungsitoli, Pimpinan PT. Pelindo Gunungsitoli, Tim Sosialisasi PT. Sinma Shipping Line dan Para Nelayan.


    Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Nias, Eliman Mendrofa, S.E melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan tahapan, metode pelaksanaan dan hal-hal yang perlu menjadi perhatian tim pelaksana selama kegiatan survey berlangsung. Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan survey ini dilaksanakan mulai Akhir Bulan Oktober s.d. Bulan November 2024 di sepanjang 6.572,71 km Lepas Pantai Barat Sumatera.


    Dalam arahan PJs Bupati Nias yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Samson P. Zai, S.H., M.H menerangkan bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan Minyak dan Gas, Pemerintah Pusat terus berupaya melakukan pendataan potensi di setiap wilayah melalui serangkaian Pelaksanaan Survey. 


    Survey ini merupakan langkah strategis dalam mengeksplorasi potensi sumber daya mineral di wilayah perairan Kabupaten Nias. Sumber daya kelautan tidak hanya berbicara tentang perikanan, kandungan sumber daya mineral yang berada di bawah permukaan laut adalah termasuk bagian sumberdaya kelautan non hayati yang merupakan kekayaan yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


    Untuk diketahui, PT. Sinar Maluku Shipping Line yang merupakan mitra dari PT. TGS yang dipercaya pemerintah untuk melakukan survey seismik 2D, yaitu suatu eksplorasi potensi kandungan minyak dan gas yang berlokasi di Wilayah Lepas Pantai Barat Sumatera atau lebih tepatnya di Lepas Pantai Timur Pulau Nias mulai dari arah utara hingga selatan dan objek survey bertepatan  melintasi  wilayah  perairan Kabupaten Nias.


    Sekretaris Daerah Kabupaten Nias mengatakan bahwa pemerintah  Kabupaten  Nias  menyambut baik kegiatan ini dan berharap hasil survey nantinya memberi kabar baik bagi kita semua. 


    Kepada pimpinan PT. Sinar Maluku Shipping Line sebagai pelaksana kegiatan, agar menyampaikan gambaran secara utuh tentang teknis pelaksanaan survey yang dilakukan, hasil yang diharapkan dan yang bersinggungan dengan aktifitas survey, terutama dengan aktifitas nelayan di wilayah perairan Kabupaten Nias. Demikian juga perlakuan bila terdapat nelayan seperti Rumpon yang termasuk dalam alur survey, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi para nelayan,"harap Sekda Kabupaten Nias.


    Mengakhiri arahannya, Sekda berpesan kepada Tim Pelaksana Survey agar tetap berkoordinasi dan hasil survey segera diinformasikan dan dilaporkan sebagai bahan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias. Sementara itu, Kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias ia menghimbau agar memberikan dukungan apabila terdapat hal-hal yang perlu dikomunikasikan terkait kenelayanan maupun alat tangkap selama kegiatan survey berlangsung. Juga kepada Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Nias agar melakukan koordinasi dan komunikasi intensif kepada Tim Pelaksana Survey terkait dukungan maupun perolehan data dan informasi yang dibutuhkan.


    Kepada saudara-saudara Nelayan diharapkan untuk dapat bekerjasama dan  mendukung pelaksanaan kegiatan survey serta diinformasikan kepada nelayan lainnya untuk diketahui dan turut mendukung kelancaran pelaksanaan survey,"tutup Sekda Kabupaten Nias.


    Press release Kominfo Kabupaten Nias 


    (Pidar)

    Komentar

    Tampilkan