-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    HK Terbitkan Pemberlakuan Tarif Tol Per 17 Oktober 2024, Diskon Bertahap Selama 2 bulan

    Saturday, October 19, 2024, 13:39 WIB Last Updated 2024-10-19T09:51:08Z

    Lampung - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan memberlakukan tarif baru pada Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka), mulai hari ini, Kamis, 17 Oktober 2024 pukul 22.00 WIB.


    Sebagai apresiasi Pihak pengelola Tol untuk pengguna, Penyesuaian tarif tol Terpeka tersebut diiringi dengan diskon tarif disesuaikan secara bertahap selama 2 bulan.

    Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyatakan bahwa penyesuaian tarif ini sejalan dengan Surat Keputusan Menteri PUPR No. 2420/KPTS/M/2024 dan sejalan dengan ketentuan Pasal 48 UU No. 2/2022 tentang Jalan, di mana tarif tol perlu disesuaikan secara berkala setiap dua tahun. 


    “Penyesuaian tarif ini adalah kali pertama sejak jalan tol mulai beroperasi tahun 2020, volume trafik kendaraan dan biaya perawatan pun juga terus meningkat,” terang Adjib.

    Disampaikan Adjib bahwa penyesuaian tarif tak hanya penting menjaga kondisi infrastruktur yang optimal, namun sebagai peran vital dalam mempertahankan kondusifitas iklim investasi yang sustainable (berkelanjutan) bagi jalan tol. 


    Terpeka Sebagai perusahaan negara yang dibiayai melalui skema pendanaan pemerintah yang cukup besar dan membutuhkan stabilitas investasi yang baik, bagi kualitas infrastruktur.


     Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menanggapi penyesuaian tarif tol ini, berpendapat bahwa langkah penyesuaian tarif bagian penting dari siklus pengelolaan jalan tol untuk memastikan keberlangsungan infrastruktur, terutama pada proyek-proyek besar seperti JTTS ini.

    “Untuk diketahui bahwa Investasi yang besar itu harus diimbangi dengan perawatan dan peningkatan kualitas layanan, dan tarif tol adalah salah satu cara" ujarnya.


    Menurutnya Jalan tol tak hanya pilihan alternatif jalur yang lebih cepat namun juga menjadi akses yang nyaman bagi penggunanya, dengan fasilitas yang lebih baik seperti keamanan yang terjamin dengan adanya petugas patroli, layanan derek gratis, dan keberadaan rest area untuk beristirahat.


    "Pendapatan dari tarif tol digunakan untuk membiayai perawatan berkala, perbaikan, fasilitas jalan tol seperti SPKLI, penambahan SPBU di res area serta pengembangan lainnya dimasa mendatang", Kata Adjib


    Sebagai wujud apresiasi kepada para pengguna Jalan Tol Terpeka, Hutama Karya akan memberikan diskon tarif selama 2 (dua) bulan pertama, untuk memberikan waktu yang cukup bagi pengguna jalan tol menyesuaikan terhadap tarif baru yang diberlakukan. 


    Pada bulan pertama, potongan tarif sebesar 30% akan diberlakukan yang dimulai pada Kamis (17/10) Pukul 22.00 WIB hingga (17/11) Pukul 22.00 WIB, sedang pada bulan kedua akan diberlakukan diskon sebesar 15% dari tarif baru.


    Dengan segera diberlakukan tarif baru, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol. Berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.


     Pengguna jalan juga diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat apabila merasa mengantuk, dan apabila terdapat keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol, agar segera melapor ke Call Centre Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang –Kayu Agung di 0813-2900-0020. (Novan Wijaya-Paltv).


    Adapun berikut besaran tarif baru beserta tarif diskon 30% pada bulan pertama dan tarif diskon%,pada bulan kedua, yang akan diterapkan di Jalan Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung.


    (Yix)

    Komentar

    Tampilkan