-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sekda Nisel

    Kab. Banyuasin

    Sports

    Guna mendukung pelaksanaan tugas, Kapolres asah kemampuan Menembak Personil Polres Ketapang

    Metronewstv.co.id
    Monday, October 28, 2024, 14:42 WIB Last Updated 2024-10-28T07:42:58Z

    Ketapang – Polda Kalbar, Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan, keterampilan dan kesiapsiagaan, Kapolres mengecek perlengkapan persenjataan dan kemampuan menembak personil Polres Ketapang. Latihan menembak dilaksanakan di lapangan tembak Mapolres Ketapang Jalan Brigjend Katamso Nomor 01 Kecamatan Delta Pawan Ketapang, Sabtu pagi (25/10/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Mapolres Ketapang, dengan tujuan untuk mengasah kemampuan dasar dalam penggunaan senjata api. 


    Latihan diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kapolres Ketapang AKBP Setiadi, S.H., S.I.K., M.H., yang dilanjutkan dengan pembekalan teori mengenai teknik menembak yang benar dan prosedur keselamatan penggunaan senjata. AKBP Setiadi yang pernah menjadi Komandan Batalyon dan instruktur menembak di Akpol juga menekankan prosedur tetap (protap) penggunaan senjata api yang wajib di taati dan dilaksanakan oleh Anggota Polri, serta protap penggunaan senjata api dalam tugas-tugas Kepolisian. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membentuk disiplin diri terhadap pemeliharaan dan pengamanan senjata api, juga untuk meningkatkan akurasi tembakan, dan untuk membangun kekompakan dan kerja sama antar anggota. 


    Kapolres Ketapang, AKBP Setiadi, S.H., S.I.K., M.H., yang hadir dalam kegiatan tersebut, menekankan pentingnya latihan rutin bagi setiap personil. “ Kemampuan menembak yang baik sangat penting dalam menjalankan tugas sehari-hari, terutama dalam situasi yang memerlukan ketangkasan dan kecepatan, ” ujarnya. 


    Ditambahkannya, pelaksanaan latihan menembak ini juga untuk membentuk disiplin dan loyalitas. Karakter disiplin terbentuk dalam penggunaan dan pengamanan senjata api dinas sehingga anggota yang diamanahkan memegang senjata api dinas untuk mendukung pelaksanaan tugas dapat menjadi pribadi yang bermental baik, disiplin dan mawas diri. Setelah disiplin terbentuk, maka Loyalitas juga akan menjadi karakter yang muncul dalam diri para anggota Polres Ketapang, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.


    “ Senjata api bukan untuk gagah gagahan, bukan untuk menjadi arogan, namun senjata api ini untuk mendukung pelaksanaan tugas dan digunakan apabila terjadi situasi yang membahayakan warga dan petugas, itupun harus sesuai SOP dan tingkat eskalasi di lapangan ” Tambah Kapolres. 


    Kabag SDM AKP Suhud juga menambahkan bahwa latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri anggota Polres Ketapang dalam menjalankan tugas dan memberikan perlindungan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk menjaga kebugaran fisik dan mental personil. 


    Dengan semangat yang tinggi, seluruh peserta latihan nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan latihan. Senjata jenis Revolver, Pistol jenis HS dan Sig Sauer yang merupakan senjata standar bagi Anggota Polri digunakan dalam latihan menembak kali ini. Hasilnya pun luar biasa, dimana beberapa personil dapat mencapai skor tinggi dalam menembak dengan mengenai sasaran dengan tepat sempurna, termasuk Kapolres Ketapang yang juga ikut melaksanakan latihan menembak dengan senjata api miliknya.


    Sebelumnya, Kapolres juga mengecek kondisi gudang senjata dan kondisi persenjataan yang dimiliki Polres Ketapang. Seluruhnya dalam kondisi baik dan siap digunakan untuk mendukung tugas-tugas Kepolisian termasuk tugas pengamanan dalam Pilkada Serentak tahun ini.


    (Disman)

    Komentar

    Tampilkan