-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Bupati Okuselatan Menghadiri Upacara Hari Santri Nasional Ke-10 Tahun 2024

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, October 22, 2024, 18:54 WIB Last Updated 2024-10-22T11:54:50Z

    Muaradua - Dalam kesempatan ini Bupati OKU Selatan membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, yang menyampaikan bahwasanya  Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. Selasa (22/10/2024).


    Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari. 


    Dalam fatwa “Resolusi Jihad” itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa “ berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.”


    "Saudara-saudara sebangsa dan setanah Air. Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat umum terbakar semangatnya untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut. Hingga akhirnya, pecah puncak perlawanan masyarakat Indonesia pada tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan, " Ungkapnya. 


    Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan". 


    Bertempat di Aula Islamic Centre Muaradua turut hadir dalam kesempatan ini FKPD, Ketua Pengadilan Agama, Kakanmenag, Ketua Organisasi Yang Menerima Undangan, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Muaradua, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat, dan undangan lainnya.


    (Awaludin)

    Komentar

    Tampilkan