-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Sebagai Upaya Menyelesaikan Permasalahan Sampah di Pemalang, Bupati Mansur Membuka Peresmian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Surajaya

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, September 25, 2024, 13:55 WIB Last Updated 2024-09-25T06:55:47Z

    Pemalang - Kita bisa mencontoh di tempat yang lain (Kabupaten lain) yang sudah eksis dan sudah beroperasi dalam penanganan sampah, tentu kedepannya nanti ada pengembangan - pengembangan untuk inovasi. 


    "Dalam hal ini PT Aneka usaha beserta jajarannya yang kita tugaskan untuk mengelola TPST Surajaya", hal tersebut disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat acara "Peresmian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Surajaya di kecamatan Pemalang kabupaten Pemalang, Selasa (24/9/2024).


    Selanjutnya Mansur Hidayat juga menyatakan, memang mengurusi sampah ini harus penuh dengan semangat dan keikhlasan, karena image-nya di masyarakat sampah itu mengotori, sampah itu bau, sampah itu jelek, sampah itu tidak bermanfaat.


    "Akan tapi bagaimana kita kelola sampah itu agar tidak bau lagi dan agar bisa bermanfaat lagi bagi manusia", ujar Mansur Hidayat. 


    Dan perlu saya sampaikan, bahwa kondisi di Negara lain, lahan untuk mengelola sampah tidak banyak, beda kalau di Indonesia masih banyak tanah kosong dan masih banyak lahan yang agak jauh dari pemukiman dan perkampungan.


    Maka dari itu dengan diresmikannya TPST Surajaya ini bisa bermanfaat secara kesinambungan serta berkelanjutan, ataupun bahkan masyarakat kedepannya tidak usah membayar retribusi sampah, malah justru kalau bisa masyarakat itu datang ke sini bawa sampah kita bayar. 


    Di kabupaten Pemalang sudah mulai banyak desa desa yang ada TPST untuk mengelola sampah dengan baik, seperti desa Pedurungan, Bojong-nangka, Penggarit, Susukan, Randudongkal dan juga desa Banyumudal. 



    Selanjutnya dengan adanya TPST yang sudah ada, harus dikelola terus jangan sampai mangkrak.


    "TPST Surajaya ini dibangun untuk menyelesaikan permasalahan di kota Pemalang, sebab nanti kedepannya masing-masing Desa di kabupaten Pemalang bisa menyelesaikan permasalahan sampah di tingkat masing-masing desa", pungkas Mansur Hidayat. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan