-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Panen Raya Bawang Putih Adalah Hasil Program Wajib Tanam dari Kementerian Pertanian RI di Kabupaten Pemalang

    Metronewstv.co.id
    Thursday, September 19, 2024, 12:55 WIB Last Updated 2024-09-19T05:55:27Z

    Pemalang - Program tanam bawang putih yang ada di Kabupaten Pemalang, merupakan program wajib tanam bawang putih dari Kementan RI.


    “Program ini dilaksanakan dengan luas tanah 6 hektar, lahan, dengan bantuan dari Kementan yaitu bibit varietas 1 TB sebanyak 4,8 ton, pupuk NPK 1,5 ton, dan Musa plastik PHP 60 rol,” hal itu disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutannya yang di bacakan Asisten II Sekda Agus Ikmal saat acara panen raya bawang putih kabupaten Pemalang, Selasa (17/9/2024).


    Dalam hal ini "Hasil Panen raya bawang putih adalah program wajib tanam dari Kementerian Pertanian RI di Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang tidak kalah dengan bawang putih impor", ucap Agus Ikmal. 


    Pada kesempatan yang sama Direktur Tanaman Sayuran dan Obat Kementerian Pertanian RI Andi Muhammad Idil Fitri menyatakan bahwa, di Kabupaten Pemalang, selain bawang putih, juga dikenal dengan potensi penghasil buah Nanas Madu.


    “Bawang putih yang dipanen di Pemalang sizenya tidak kalah dengan bawang putih impor,” ujarnya.


    Andi juga mengatakan dari segi ukuran bawang putih yang di panen di Pemalang, hampir sama dengan bawang putih impor, apalagi rasa yang jelas lebih menyengat dan lebih di sukai oleh penikmat bawang putih.


    Lebih lanjut pihaknya mengakui bahwa pengembangan bawang putih banyak tantangannya, namun menurutnya masih ber kompetitif, selain itu penguasaan teknologi juga masih terbatas.


    Untuk itu Kementan RI sudah mendorong serta membantu sesuai dengan perantaraan lewat mitra Kementerian.


    “Bahkan Kementerian melalui peraturan Menpan no 47 tahun 2019 tentang pengembangan hoti kultural strategis mengamanatkan pelaku usaha impor bawang putih, menerima rekomendasi impor produk Hortikultura,” pungkas Andi Muhammad Idil Fitri. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan