-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Kabupaten Nias Barat

    Metronewstv.co.id
    Sunday, August 18, 2024, 12:30 WIB Last Updated 2024-08-18T05:30:53Z

    Nias Barat - Pemerintah Kabupaten Nias Barat menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Maju di Halaman Kantor Bupati Nias Barat, Sabtu (17/08/2024).


    Pada upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini, Bupati Nias Barat  Khenoki Waruwu bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara itu, Komandan Upacara dipercayakan kepada Letda Inf. Konstanci Waruwu, S.IP., Perwira Sandi Kodim 0213/Nias dan Perwira Upacara Iptu Ferianus Zebua, SH Kapolsek Sirombu.


    Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Forkopimda se Kepulauan Nias, Sekretaris Daerah Sozisokhi Hia, SH., M.M, Ketua TP PKK Kabupaten Nias Barat Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu, Ketua DWP Kabupaten Nias Barat Ny. Nur Awani S. Hia, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD, perwakilan Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, pimpinan OKP/Ormas, TNI/Polri, ASN dan para pelajar serta tamu dan peserta upacara lainnya.


    Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ditandai dengan bunyi sirine yang terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua.


    Puncak peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Nias Barat ditandai dengan pengibaran duplikat Bendera Pusaka oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Nias Barat yang berasal dari perwakilan siswa/i SMA/SMK di wilayah Kabupaten Nias Barat.


    Setelah Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan pelaksanaan penampilan atraksi dan maena bersama untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.


    Melalui sambutannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berharap peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dimaknai sebagai momentum untuk merefleksikan kembali perjuangan para pendiri bangsa dengan mengisi kemerdekaan melalui berbagai prestasi dan kerja nyata untuk mewujudkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa.


    “Peringatan HUT Kemerdekaan tidak hanya sekedar seremonial belaka, tetapi menjadi momentum untuk merefleksikan capaian dan tantangan yang dihadapi, untuk terus bersatu, bekerja sama dan berjuang bersama mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa dan mewujudkan visi, misi dan program pembangunan daerah Kabupaten Nias Barat yang kita cintai bersama,” ucap Bupati Khenoki Waruwu.


    Selanjutnya, Bupati Khenoki Waruwu menguraikan berbagai prestasi dan capaian yang telah diraih pemerintah Kabupaten Nias Barat sejak awal terbentuknya Kabupaten Nias Barat lima belas tahun lalu, terlebih-lebih capaian selama lebih tiga tahun ia memimpin daerah Kabupaten Nias Barat.


    Menurutnya, berbagai prestasi dan capaian yang telah diraih, merupakan dedikasi atas perjuangan para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.


    Untuk itu,  ia mengajak seluruh masyarakat Nias Barat untuk menjadikan peringatan kemerdekaan ini sebagai motivasi untuk terus maju, berinovasi dan mencapai keberhasilan di berbagai bidang.


    "Mari kita jadikan peringatan kemerdekaan ini sebagai cambuk untuk terus maju dan  berinovasi untuk melanjutkan pembangunan daerah ini dalam mewujudkan Nias Barat yang bersih, sejahtera, berdaya saing dan berkelanjutan demi Nias Barat Hebat dan untuk kepentingan masyarakat (soguna ba zato)," ucapnya. 


    Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, mengajak seluruh warga Nias Barat agar bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kondusivitas, menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak November mendatang.


    "Mari bersama-sama mejaga keamanan dan kondusivitas di tengah-tengah masyarakat. Terutama kepada ASN, agar menjaga netralitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang baik. Gunakan media sosial dengan bijak, hindari pertikaian melalui komentar atau postingan di media sosial dan jangan menyebarkan informasi atau berita bohong (hoax) yang tidak diyakini kebenarannya," pesan Bupati Khenoki Waruwu.


    Pada momen peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini, Bupati Nias Barat juga memberikan Piagam Apresiasi kepada Joni Warsito Waruwu, Yasokhi Zalukhu dan Lios Advan Gulo sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat atas dedikasi dan komitmen mereka dalam memajukan daerah Nias Barat di bidang pendidikan, seni dan budaya.


    Berdasarkan pantauan di lokasi, semarak dan kemeriahan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, juga terlihat di 8 Kecamatan di wilayah Kabupaten Nias Barar. Berbagai kegiatan seni, budaya dan olahraga serta berbagai kegiatan lainnya yang dilombakan, semakin menambah kemeriahan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 


    (UT)

    Komentar

    Tampilkan