-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Strategi Sukses HMTRKI Dalam Wujudkan Ketahanan Pangan Ekonomi dan Zero Waste Melalui Produksi Biobriket Limbah Pertanian

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, August 27, 2024, 11:14 WIB Last Updated 2024-08-28T14:52:38Z

    Pemalang - Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri (HMTRKI) sukses melaksanakan pembukaan Program Ormawa Membangun Negeri (POMN) yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi di Desa Sepakung pada Sabtu, 17 Agustus 2024.


    Acara yang bertemakan "Strategi Mewujudkan Ketahanan Pangan Ekonomi dan Zero Waste Melalui Produksi Biobriket Limbah Pertanian" ini disambut antusias oleh warga dan kalangan pemuda desa setempat. 


    Pembukaan POMN ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Dr. Ir. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng., IPM. ASEAN Eng., dosen pembimbing HMTRKI, serta Bapak Ahmad Nuri selaku Kepala Desa Sepakung dan Bapak Hasan, Kepala Dusun Sepakung Wetan. Masyarakat Sepakung Wetan juga turut hadir untuk memberikan dukungan dan merayakan inisiatif ini.


    Dalam sambutannya, Dr. Ir. Fahmi Arifan, S.T., M.Eng., IPM. ASEAN Eng. mengungkapkan kebanggaannya terhadap pelaksanaan program ini, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi desa dan sekitarnya.


    "Program ini tidak hanya bertujuan untuk mengatasi masalah limbah pertanian, tetapi juga untuk mendorong ketahanan pangan dan menciptakan ekonomi yang berkelanjutan di tingkat lokal," ucap Fahmi Arifan. 


    Ahmad Nuri, Kepala Desa Sepakung, juga memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini. "Kami sangat menyambut baik inisiatif ini. Dengan adanya program POMN, kami berharap Desa Sepakung kecamatan Banyubiru kabupaten Semarang Jawa Tengah bisa lebih maju dan mandiri, terutama dalam pengelolaan limbah pertanian yang selama ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami."


    Malika Pintanada Kaladinanty, Ketua POMN Himpunan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, dalam kesempatan tersebut juga turut menyampaikan kebanggaannya atas kolaborasi dan inovasi yang dihasilkan.


    Adapun tema dari acara kali ini adalah, "Desa Progresif Sepakung," dan kegiatannya telah kami langsungkan pada hari Sabtu 17 Agustus 2024, tentunya dengan mencerminkan tekad untuk menjadikan desa sebagai pusat inovasi dalam pengelolaan limbah dan ketahanan pangan. Program ini akan memfokuskan pada produksi Biobriket dari limbah pertanian yang dapat mengurangi sampah serta meningkatkan produktivitas pertanian dan ekonomi masyarakat desa.


    Terimakasih, kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari warga dan pemuda desa yang turut terlibat dalam pelaksanaan program. 


    Kami jelas melihat Semangat dan dukungan mereka menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan POMN dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di seluruh negeri.


    Dengan adanya POMN ini, tentunya Desa Sepakung dapat menjadi model dalam penerapan strategi zero waste dan pengembangan ekonomi berbasis pertanian yang berkelanjutan, serta memberikan inspirasi bagi desa-desa lain dalam menghadapi tantangan serupa.


    “Kami percaya program ini tidak hanya membawa manfaat bagi masyarakat Sepakung, tetapi juga membuka pintu bagi generasi muda untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” ungkap Malika Pintanada Kaladinanty, Senin (36/8/2024). 


    Dirinya juga berharap bahwa "kerja sama antara mahasiswa dan masyarakat dapat menghasilkan inovasi berkelanjutan dan menciptakan solusi untuk tantangan lokal", pungkas Malika Pintanada Kaladinanty.


    (Eko B Art).

    Komentar

    Tampilkan