-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Safrizal Dilantik Menjadi Pj Gubernur Aceh, Gantikan Bustami Hamzah

    Metronewstv.co.id
    Thursday, August 22, 2024, 15:48 WIB Last Updated 2024-08-22T08:48:47Z

    Bireuen - Dr. Drs. Safrizal ZA, M.Si dilantik menjadi Pj. Gubernur Aceh mengantikan Bustami Hamzah yang mengundurkan diri dan maju sebagai Calon Gubernur Aceh pada pilkada 2024.


    Pelantikan Safrizal sebagai Pj Gubernur Aceh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dilakukan  Kamis (22/8/2024) di Jakarta.


    Calon Gubernur Aceh ini, Dr.Drs Safrizal Zakaria Ali, M.Si. Saat ini sedang menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, sejak 13 November 2023 lalu.


    Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Kalimantan Selatan, pada 2021 yang lalu.


    Safrizal mengawali karier sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, dengan jabatan sebagai Lurah Kota Lhokseumawe, Banda Sakti, Lhokseumawe tahun 1994.


    Ia kemudian menjadi sekretaris Camat Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara tahun 1998. 


    Safrizal muda terlibat aktif dalam persiapan pemekaran Kabupaten Bireuen, mulai dari tahap awal hingga Bireuen menjelma menjadi sebuah daerah kabupaten yang otonom.


    Di Bireuen ia pernah menduduki posisi Kasubbag Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah pada tahun 2000.


    Namun pada tahun 2001 Safrizal hijrah ke Jakarta tepatnya ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Mengawali debut karier sebagai Kasi Aceh dan DKI Jakarta-Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otda Depdagri.sekaligus melanjutkan pendidikannya.


    Serangkaian tour of duty di lingkungan Kemendagri telah dijalaninya, sehingga membuatnya menjadi lebih matang dan kaya akan berbagai pengalaman tentang manajemen pemerintahan.


    Khususnya yang berkaitan langsung dengan tata kelola pemerintahan Otonomi Khusus (Otsus), seperti Aceh, DKI, DIY dan Papua sebagai Direktur penataan daerah dan Otonomi Khusus pada tahun 2016


    Setelah diwisuda sebagai doktor dalam bidang Ilmu Pemerintahan di almamaternya (IPDN), Dr Safrizal ZA, MSi mengemban amanah sebagai Direktur Manajemen Bencana dan Kebakaran pada Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.


    Setelah itu ia dilantik sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri. Selama memangku jabatan tersebut Safrizal juga dipercaya sebagai Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.


    Lulusan IPDN ini pernah juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Nasional Forum Komunikasi Purna Praja (DPN FKPP) pertama dan Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Nasional Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPN IKAPTK) periode 2016-2020.


    Sebagai Dirjen Bina Adwil, Safrizal mendorong agar Pemerintah Aceh memiliki strategi tepat dalam mengunakan dana otonomi khusus. Dia menilai selama ini tidak ada disain besar dalam menggunakan dana tersebut. Beginilah profil Pj Gubernur Aceh Kedepan yang baru saja dilantik.


    (Hendra)

    Komentar

    Tampilkan