-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pagelaran Pentas Seni Karawitan Malam Selasa Kliwon Adalah Momen Yang Memperkaya Serta Menginspirasi Kita Untuk Terus Menjaga dan Mengembangkan Seni Budaya

    Admin
    Wednesday, August 7, 2024, 10:14 WIB Last Updated 2024-08-07T03:14:58Z

    Pemalang - Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada segenap panitia, tokoh pemuda terutama yang konsisten dalam setiap penyelenggaraan pagelaran seni karawitan malam Selasa Kliwon. 


    "Saat ini kita semua menyaksikan Pagelaran pentas Seni karawitan malam selasa kliwon di halaman kantor kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang, sebagaimana kita ketahui bahwa kegiatan pentas seni karawitan diselenggarakan rutin satu bulan sekali dimasing masing Kecamatan lainnya, dengan harapan seluruh wilayah seKabupaten Pemalang bisa memiliki semangat yang sama untuk melestarikan seni budaya karawitan", hal tersebut disampaikan Bupati Pemalang Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Mansur Hidayat Sosronagoro, melalui Ismun Hadiyo, S.Pd, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemalang, saat sesi pesan sambutan, Senin (5/8/2024). 


    Selanjutnya Ismun Hadiyo menyatakan bahwa, "Kehadiran tamu undangan dan penonton dalam acara pentas seni karawitan malam ini dalam memeriahkan acara, tentu menjadi motivasi bagi para seniman untuk terus melestarikan seni budaya. 


    "Seni karawitan sebagai warisan budaya memiliki arti penting dan strategis dalam upaya menjaga melestarikan sekaligus mewariskan budaya kepada generasi penerus melalui unsur seninya. Selanjutnya Seni karawitan diharapkan dapat mendidik rasa dan nilai keindahan sehingga menumbuhkembangkan kesadaran nilai sosial, moral bagi generasi penerus kita", ucap Ismun Hadiyo. 



    Oleh karena itu saya mengajak kepada semuanya untuk menjadikan malam ini sebagai momentum terbaik dalam rangka pembinaan seni budaya dan sarana hiburan yang dapat membangun yang dimiliki masyarakat. 


    "Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan media silaturahmi antar masyarakat dan pejabat daerah, karenanya dengan acara kegiatan ini bisa terus meningkatkan kualitas komunikasi kita, baik antar warga maupun warga dengan pemerintah daerah, agar dapat efektif dan Intens sehingga berdampak positif terhadap meningkatnya partisipasi masyarakat dalam Pembangunan Daerah", sambungnya.



    "Selamat menyaksikan pementasan seni karawitan malam selasa kliwon, Semoga malam ini menjadi momen yang memperkaya serta menginspirasi kita untuk menjaga dan mengembangkan seni budaya", pungkas Ismun Hadiyo.


    Sebelumnya disampaikan oleh Camat Bodeh, Misbahudin, SIP , dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Acara pentas seni karawitan malam selasa kliwon merupakan agenda acara bulanan yang sudah berjalan dari tahun ke tahun. 


    "Dengan acara ini diharapkan bisa  menjadi sarana dalam nguri uri Budaya Jawa adiluhung yang penuh dengan falsafah pendidikan serta agar bisa tetap relevan di nikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, sekali lagi acara pentas seni selasa kliwon adalah fasilitas dalam menjalankan tongkat estafet kebudayaan dari generasi ke generasi di masa modern seperti sekarang ini untuk tetap melanjutkan dan menjaga eksistensi budaya Seni musik gamelan/kleningan (seni karawitan) di semua kalangan", tegas Misbahudin. 


    "Tidak lupa kami sampaikan dalam acara ini, bahwa pemerintah kecamatan Bodeh tentunya akan terus berkomitmen melayani warga demi kemajuan bersama menuju kesejahteraan sosial untuk seluruh masyarakat Bodeh khususnya dan Masyarakat kabupaten Pemalang pada umumnya", Pungkas Misbahudin.


    Acara kegiatan pentas seni karawitan malam selasa kliwon, turut dimeriahkan oleh instansi pendidikan, organisasi Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) kecamatan Bodeh, dan dihadiri oleh Kepala OPD lingkungan pemkab Pemalang, Kades sekecamatan Bodeh, Guru dan KWK Bodeh, Forkopimca dan warga masyarakat kecamatan Bodeh. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan