-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Menyambut Hari Jadi Kabupaten Berau Ke - 71, Pemkab Gelar EXPO 2024 di Lapangan GOR Pemuda Dengan Anggaran 3 Miliar

    Metronewstv.co.id
    Saturday, August 17, 2024, 14:44 WIB Last Updated 2024-08-17T07:45:49Z

    TANJUNG REDEB - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Berau ke - 71 saat ini tinggal menghitung hari saja. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Berau gelar Berau EXPO 2024 mulai tanggal 25 Agustus hingga 3 September 2024 dan berbagai acara menarik lainnya.


    Terlihat di Ruang Rapat Kakaban ini, pemerintah kabupaten (PEMKAB) Berau melakukan rapat bersama OPD terkait dan Event Organizer (EO) dalam mempersiapkan dan kesiapan Berau EXPO 2024 mendatang, pada Expo.Kamis (15/8/24).


    Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, Maulidiyah menjadi sebagai pimpinan rapat ini mengatakan, bahwa pelaksanaan Berau EXPO 2024 akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda (GOR) Kecamatan Tanjung Redeb. Yang nantinya akan mengangkat tema bernuansa Wisata Maju, Ekonomi Kuat, dan Berau Sejahtera.


    Maulidiyah menyampaikan bahwa pihaknya juga telah mematangkan persiapannya dan berbagai konsep yang akan ditampilkan pada Berau Expo mendatang. Diantaranya, yaitu seperti berbagai pameran yang mengangkat keberhasilan Pemerintah Kabupaten Berau, adapula panggung hiburan rakyat, di tambah lagi pentas seni dan budaya Kabupaten Berau, atraksi seni dan budaya paguyuban Berau, dan penampilan musisi Berau dan artis ibukota, hingga ditambahkan pagelaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Berau.

    Sementara itu, untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Berau, menjadi ‘leading sector’ dari gelaran Berau EXPO 2024 nanti. Yang mana Pemkab Berau sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 Miliar untuk panitia penyelenggara Event Organizer (EO). 


    "Kami juga sudah merencanakan agar ada diadakan berbagai lomba yaitu seperti tari-tarian, dan Insyaallah kami akan tampilkan musik kroncong dari Berau,” ujar Maulidiyah selaku Asisten III Setkab Berau. 


    Disisi lain, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengimbau kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau agar dapat menampilkan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Berau melalui videotron yang sudah terpasang di sejumlah titik.


    “Apalagi, terlebih saat ini Kabupaten Berau akan ada rute penerbangan baru yaitu Denpasar dan Kulon Progo. Tentunya ini dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Berau,” ucapnya.


    Kemudian, dirinya pun meminta kepada Disbudpar Berau agar dapat mengundang Dinas Pariwisata Bali dan Dinas Pariwisata Yogyakarta untuk bisa hadir pada gelaran Berau Expo 2024 nanti. Hal itu disinyalir dapat memperkuat silaturahmi dan kerjasama antar pariwisata di luar Berau.


    Selain itu juga, Sri Juniarsih Mas berpesan untuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau agar terus selalu menjaga kebersihan selama pelaksanaan Berau Expo 2024 mendatang.


    “Setelah selesai kegiatan, semua sampah sampahnya harus segera dibersihkan dan langsung dibuang agar tidak menumpuk dan berbau. Dan ditekankan agar jangan sampai menunggu besok pagi,” tegasnya


    Seusai rapat tersebut saat ditemui Direktur Event Organizer EO Mata Sanggam, Morten menuturkan Berau EXPO 2024 kali ini untuk anggaran dikeluarkan dan dari persiapan oleh pihaknya sudah mencapai 50 Persen. Dilanjutkannya, Kata dia, bahwa ada beberapa barang yang harus dipesan dari luar daerah yang saat ini dalam proses pengiriman ke berau. “Kebutuhan yang lain kita gunakan dari lokal,” tuturnya.


    Dalam rapat tersebut pihaknya menerima ada beberapa masukan dari Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dengan secara khusus. Hal tersebut tentunya, akan menjadi catatan dan akan dilakukan evaluasi agar bisa sepemikiran dengan konsep yang di rencanakan oleh pihaknya.


    Dikatakannya, seperti dalam permintaannya itu ada penambahan talent atau artis ibukota pihaknya akan segera dirapatkan dengan panitia lainnya. Pasalnya, seharusnya pihaknya hanya berkewajiban menyediakan artis ibukota di saat pembukaan dan penutupan Berau Expo 2024 nantinya.


    Namun dikatakan nya, bahwa nanti pihaknya vendor harus memberikam pelayanan maksimal agar pelaksanaan Berau Expo bisa berjalan meriah dan menghibur masyarakat Berau dan sesuai harapan yang di inginkan. 


    “Kalau ada permintaan seperti ini kami buka peluang bagi siapapun yang mau membantu. Kami juga akan koordinasi dengan artis yang sudah ada apakah nanti bisa digeser jadwalnya, kalau tidak bisa kita usahakan cari yang lain,” terangnya. 


    Lebih lanjut, Morten menyebut juga sejumlah tenda EXPO yang sudah tersedia diperkirakan ada sekitaran 100 tenda yang nanti disewakan. Dan itu juga kami belum bisa memastikan kedepannya akan ada penambahan atau pengurangan tenda.


    “Untuk kemudahan akses jalan. Kemarin baru layout penawaran kita, apa yang menjadi evaluasi akan kami tindaklanjuti secepatnya,” pungkasnya. 


    (Rudi H)

    Komentar

    Tampilkan