-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    KKN TIM II UNDIP Tahun 2024 Berikan Edukasi Tentang Kandungan Nugget Ikan Sebagai Langkah Upaya Pencegahan Stunting

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, August 21, 2024, 12:13 WIB Last Updated 2024-08-21T05:13:10Z

    Karanganyar - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2024 melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Wonolopo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar.


    Adapun salah satu program unggulan yang diinisiasi oleh Zahra Aditya Nuraini selaku Mahasiswa Undip jurusan prodi Akuakultur angkatan tahun 2021, adalah "Edukasi mengenai kandungan nugget ikan sebagai cemilan sehat untuk anak-anak".


    Dalam keterangan konfirmasinya kepada awak media, Zahra Aditya Nuraini menyatakan bahwa "Program ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan mencegah stunting di Desa Wonolopo", Rabu (21/8/2024).


    Zahra Aditya Nuraini melanjutkan bahwa, "pada dasarnya Ikan merupakan sumber protein hewani yang kaya akan asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak", sambungnya.


    "Namun melihat kondisi yang ada, konsumsi ikan di Desa Wonolopo masih tergolong rendah, dan banyak keluarga belum memanfaatkan potensi ikan sebagai sumber gizi utama. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang pengolahan ikan atau keterbatasan akses terhadap produk olahan ikan yang praktis dan bergizi", ucap Zahra Aditya Nuraini.


    Berangkat dari hal tersebut, Saya dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan, Moh. Asadullah Hasan Al Asy’Arie, SH., M.Kn, menginisiasi dalam memberikan informasi tentang salah satu varian olahan ikan, yaitu "Nugget ikan", dan perlu kita tahu bersama bahwa Nugget ikan bisa menjadi salah satu solusi praktis untuk meningkatkan konsumsi ikan pada anak-anak, sekaligus membuka peluang usaha baru bagi masyarakat", terang Zahra Aditya Nuraini.


    Dengan demikian, maka kami laksanakan Pelaksanaan Kegiatan edukasi yang digelar pada hari Rabu tanggal 7 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB, bertempat di balai desa dan dihadiri oleh Ibu-Ibu PKK desa setempat.


    Zahra Aditya Nuraini kembali menambahkan keterangannya, "dalam mengawali kegiatan ini, kami buka dengan memberikan informasi serta pemahaman mengenai manfaat ikan sebagai sumber protein hewani yang penting untuk tumbuh kembang anak, dan bagaimana tentang dampak kekurangan asupan protein hewani, terutama dalam kaitannya dengan risiko stunting, dan salah satunya adalah ikan lele sebagai bahan dasar nugget ikan".


    "Dalam sesi edukasi, kami juga menjelaskan kandungan nutrisinya, dan memberikan demonstrasi cara mengolah nugget ikan yang praktis dan lezat", ujar Zahra Aditya Nuraini.


    "Selanjutnya Ibu-Ibu PKK, Kami ajak untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan nugget, sehingga mereka dapat mempraktikkan sendiri di rumah", pungkas Zahra Aditya Nuraini.


    Dalam kesempatan yang sama, Yanti selaku Ketua tim Penggerak PKK juga turut menyampaikan bahwa Kami senang bisa mengikuti acara dalam kegiatan Program ini, kami sangat terbantu dalam mendapatkan wawasan baru mengenai cara memanfaatkan ikan sebagai bahan pangan yang sehat dan bergizi".


    "Kami tertarik untuk mencoba membuat nugget ikan di rumah sebagai cemilan sehat bagi anak-anak kami, dan melalui edukasi dan pelatihan ini, diharapkan masyarakat Desa Wonolopo dapat meningkatkan konsumsi ikan sebagai upaya pencegahan stunting dan juga memanfaatkan produk olahan ikan sebagai peluang usaha", tegas Yanti.


    Kami Ucapkan Terima kasih serta berikan apresiasi terbaik untuk Program dari mahasiswa KKN Undip, hal ini menunjukkan bahwa dengan edukasi yang tepat, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya gizi yang baik bagi tumbuh kembang anak-anak dan tentunya kami khususnya tim PKK desa Wonolopo dapat meningkatkan konsumsi ikan untuk mencegah stunting", pungkas Yanti. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan