-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Ketua DKA Bireuen, Ucapkan Terima Kasih Dukungan Semua Pihak Sukseskan Festival Rapai Meseuraya 2024

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, August 27, 2024, 11:12 WIB Last Updated 2024-08-27T04:12:57Z

    Bireuen - Ketua DKA Bireuen, Mukhlis,ST Ucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Festival Rapai Meseuraya tingkat Kabupaten Bireuen.


    Hal ini disampaikan, Mukhlis pada malam penutupan Festival Rapai Meseuraya di Bireuen, dihalaman lapangan bola kaki desa karang rejo Bireuen.minggu malam, (25/8)2024


    Ditambahkan lagi bahwa, Rapai  merupakan  satu seni tradisi di Aceh yang perlu terus dikembangkan untuk dapat dijaga dan dilestarikan bersama. Kedepan event seperti ini akan terus kita kembangkan lagi dan kita  lestarikan kesenian dan budaya Aceh khususnya Bireuen  agar terjaga dari budaya asing.


    Penutupan Festival Rapai Meseuraya dilakukan oleh Pj.Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Bireuen , Ir Ibrahim Ahmad M.Si.


    Dalam sambutanya, Sekda menyampaikan, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada unsur terlibat, terutama ketua DKA Bireuen yang setiap tahun mengelar festival rapai, menghidupkan budaya dan kesenian Aceh.


    "Kesenian dan budaya Aceh penuh dengan nasehat dan   edukasi sehingga generasi kita tidak cendrung menyukai budaya barat," ujar Ibrahim Ahmad.


    Kepada para seniman, pelaku seni, pemikir seni, agar terus beraktivitas, dan  menghidupkan kesenian - kesenian Aceh.


    Sementara itu dari keputusan Ketua dewan juri Syekh Mulyadi menyampaikan, group rapai penyaji terbaik dari Kecamatan Kota Juang dengan nama group Meuligoe Raja, Kecamatan Kuta Blang group rapai Jeumpa Kebiru, Kecamatan  Gandapura group rapai Buraq Meunari.


    Kemudian  Kecamatan Peulimbang group Raja Aceh, Kecamatan  Peusangan Siblah Krueng group rapai Keunebah indatu,  Kecamatan Kuala dengan nama group rapai Cakra Donya


    Kepada penyaji terbaik diberikan hadiah sejumlah Ro.2.500.000 ( Dua juta Lima ratus ribu rupiah ) per-group Untuk 11 group dari Kecamatan yang belum mendapatkan  penyaji terbaik  diberikan hadiah masing masing Rp.1.000.000 ( satu juta rupiah ) per group


    Penutupan Festival Rapai Meseuraya di Bireuen, turut dimeriahkan oleh penyanyi ternama aceh, A.Bakar.AR dengan lagunya Mi Gureng dan juga Sanggar Jeumpa Puteh; Seuke Tujoh, penampilan mereka mendapat perhatian dari Ribuan penonton yang hadir diacara tersebut, bukan hanya dari Bireuen, tetapi juga berasal dari luar Kabupaten tetangga, Pidie Jaya, Bener meriah, A.Tengah dan Aceh Utara.


    (Hendra)

    Komentar

    Tampilkan