-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Hasil Survei...!! Poling Poltracking Tertinggi Pasangan AYS-BSA Unggul Dari Balon Kandidat Lainnya

    Metronewstv.co.id
    Sunday, August 11, 2024, 18:34 WIB Last Updated 2024-08-11T11:34:17Z

    DELI SEEDANG - Lembaga survei Poltracking mengeluarkan hasil surveinya dalam rangka Pilkada Deli Serdang tahun 2024. Hasilnya, nama Bakal Calon (Balon) Bupati Deli Serdang dan Wakil Bupati, M Ali Yusuf Siregar dan Bayu Sumantri Agung (BSA) kembali unggul. Elektabilitasnya paling tertinggi dan paling banyak dipilih masyarakat Deli Serdang apabila menjadi Calon Bupati Deli Serdang. 


    Lembaga survei Poltracking ini salah satu lembaga yang dipakai Partai Golkar untuk melakukan survei dalam rangka penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Deli Serdang. Selain itu juga ada Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipakai Partai Golkar untuk melakukan survei di Deli Serdang. Meski tehnik yang dipakai untuk melakukan survei tidak sama namun dari dua lembaga survei ini menunjukkan kalau elektabilitas M Ali Yusuf Siregar yang paling tinggi diantara nama yang lainnya. M Ali Yusuf Siregar merupakan Balon mantan Wakil Bupati dan Bupati periode 2019-2024 yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Nasdem Deli Serdang. Yusuf saat ini telah didukung oleh Nasdem, PAN dan Perindo untuk maju di Pilkada Deli Serdang. 


    Sekretaris DPD Partai Nasdem Deli Serdang, Kuzu Serasi Wilson Tarigan mengaku sudah menerima hasil survei Poltracking dari DPD Partai Golkar. Ia mengaku tidak ada yang dikejutkan dari hasil survei. Disebut dari awal mereka memang yakin kalau elektabilitas Yusuf Siregar lah yang bakal tinggi.


    "Iya sudah tahu kita hasil survei Poltracking itu kemarin. Sudah yakinnya kita memang Pak Yusuf lah yang bakal tinggi kan terbukti dari hasil survei. Waktu SMRC pun sama kita yakin memang paling tinggi. Hasilnya sama-sama kalian lihat lah memang benar," kata Kuzu. 


    Caleg DPRD Deli Serdang terpilih dari dapil Deli Serdang 3 ini menegaskan hasil survei tidak akan  membuat mereka terlena. Saat ini mereka terus bekerja bagaimana agar bisa mengambil hati masyarakat sebanyak-banyaknya. "Pilkada ini kan bukan hanya sebatas hasil survei. Bukan karena hasil survei itu kita jadi besar kepala. Kita terus berupaya mengambil hati masyarakat. Kita juga nggak akan terlena dengan hasil survei," kata Kuzu. 


    Hasil Survei, Pasangan AYS-BSA Tertinggi


    Dari data yang dihimpun, berdasarkan laporan survei Poltracking tertulis temuan survei untuk periode 26 Juli hingga 1 Agustus. Survei juga sempat mensimulasikan salah satunya apabila Pilkada Deli Serdang dilakukan dengan 4 pasangan. M Ali Yusuf Siregar-Bayu Sumantri Agung (AYS-BSA) memperoleh  41, 2 persen, Asri Ludin Tambunan-Lom Lom Suwondo (14, 2 persen), Sofyan Nasution-Junaidi Parapat (9 persen), Muhammad Idris-Misnan Al Jawi (1, 5 persen). Untuk yang tidak jawab (34, 1 persen). 


    Tertuang ada 3 kesimpulan utama yang dibuat dalam hasil survei Poltracking. Untuk yang pertama ditulis dari segi popularitas, M. Ali Yusuf Siregar (58.1%) adalah Calon Bupati Deli Serdang yang paling dikenal oleh publik, diikuti Asri Ludin Tambunan (29.2%), dan Anita Lubis (28.8%). Pada akseptabilitas, M. Ali Yusuf Siregar (54.3%) menjadi yang tertinggi dibandingkan calon lainnya, diikuti Asri Ludin Tambunan (25.1%), dan Anita Lubis (24.3%). 


    Kesimpulan kedua, Pada pertanyaan terbuka calon Bupati Deli Serdang, M. Ali Yusuf Siregar (24.3%) paling terekam dalam ingatan publik, diikuti Asri Ludin Tambunan (7.1%), dan Sofyan Nasution (6.4%). Dalam simulasi semi terbuka calon Bupati Deli Serdang, M. Ali Yusuf Siregar memperoleh angka elektabilitas (33.8%), diikuti Asri Ludin Tambunan (9.4%), dan Sofyan Nasution (8.6%). Dalam simulasi surat suara calon Bupati Deli Serdang, M. Ali Yusuf Siregar memperoleh angka elektabilitas (50.9%), diikuti Asri Ludin Tambunan (18.7%), dan Sofyan Nasution (13.9%), dan Muhammad Idris (2.2%).


    Kesimpulan Ketiga. Alasan publik memilih Calon Bupati atau Wakil Bupati Deli Serdang karena figur personal (pribadi) (45.3%), diikuti karena tokoh yang mendukungnya (8.6%) dan karena partai politik pengusung (6.0%). Jujur dan bersih (anti korupsi) (26.6%) merupakan sifat Calon Bupati paling diharapkan untuk memimpin Deli Serdang dalam lima tahun ke depan, diikuti merakyat dan sederhana (19.5%), serta cerdas dan berwawasan luas (12.4%).


    Sementara untuk rekomendasi juga ada 3. Rekomendasi pertama ditulis. Asri Ludin Tambunan dan M. Ali Yusuf Siregar masih memiliki potensi untuk meningkatkan popularitas dan akseptabilitasnya. Asri Ludin Tambunan dan M. Ali Yusuf Siregar harus memasifkan sosialisasi darat (spanduk, baliho, dll) dengan menampilkan nama, wajah dan ke figuran kandidat serta pesan bahwa Asri Ludin Tambunan dan M. Ali Yusuf Siregar merupakan salah satu kandidat potensial Bupati Deli Serdang. Sosialisasi harus dilakukan di banyak titik strategis guna menjangkau lebih banyak pemilih.


    Rekomendasi Kedua. Asri Ludin Tambunan dan M. Ali Yusuf Siregar harus meningkatkan elektabilitas dengan potensi yang ada saat ini. Asri Ludin Tambunan harus masif dalam melakukan sosialisasi agar potensi elektabilitas yang ada saat ini bisa lebih meningkatkan lagi dan lebih kompetitif. Sedangkan M. Ali Yusuf Siregar harus menjaga potensi yang ada saat ini dan meningkatkannya. M. Ali Yusuf Siregar harus tetap melakukan sosialisasi guna menjaga persepsi positif saat ini dan membuka potensi kenaikan agar semakin mendapatkan keunggulan yang solid.


    Rekomendasi Ketiga. Asri Ludin Tambunan dan M. Ali Yusuf Siregar harus membangun personal branding untuk menarik perhatian pemilih dan memudahkan pemilih mengingat kandidat. Bersih dan Merakyat bisa menjadi opsi bagi Asri Ludin Tambunan dan M. Ali Yusuf Siregar dalam bersosialisasi. Sosialisasi harus memanfaatkan semaksimal mungkin mesin- mesin politik yang ada. Sejalan dengan itu, sosialisasi udara (media online, media sosial dll) juga harus diintenskan dalam sosialisasi.


    (Hartono)

    Komentar

    Tampilkan