-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Efektivitas Program Lajnah Tahfidzul Qur’an Darul Munawwarah Kuta Krueng Aceh dalam Pengembangan Karakter Qur’ani

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, August 13, 2024, 20:47 WIB Last Updated 2024-08-13T13:47:12Z

    Aceh - Melihat kenyataan yang ada pada zaman modern ini, karakter yang dimiliki oleh seseorang sangatlah minim. Apalagi dengan karakter qur’ani, karakter qur’ani merupakan karakter yang menanamkan nilai-nilai al-Qur’an kedalam jiwa sehingga perilaku yang dimiliki mencerminkan apa yang ada didalam makna al-Qur’an. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan karakter menjadi karakter qur’ani adalah program tahfidzul qur’an karena dengan program ini akan dilakukan pembiasaan mempelajari dan menghafal al-Qur’an, sehingga nantinya karakter qur’ani dapat terbentuk dengan sendirinya didalam diri peserta didik.


    Program tahfidzul qur’an menjadi program unggulan di Pesantren Darul Munawwarah Kuta Krueng. Aceh. 


    Lembaga ini merupakan salah satu Pesantren Salafi terbesar di Aceh. Program tahfidzul qur’an dilaksanakan selaras dengan kegiatan belajar mengajar dengan waktu khusus yang telah ditentukan. Program tahfidzul qur’an dilakukan agar santri Lanjnah Tahfidzul Qur’an Darul Munawwarah biasa menghafal dengan baik dan menciptakan para generasi penghafal Al-Qur’an diwaktu mendatang. 


    Menjadi penghafal al-Qur’an merupakan dambaan setiap umat muslim, karena tidak mudah menjadi seorang penghafal al-Qur’an, penghafal al-Qur’an adalah orang-orang pilihan Allah SWT. Beberapa kegunaan menghafal al-Qur’an antara lain mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat, sakinah (tentram jiwanya), tajam ingatan dan bersih intuisinya, bahtera ilmu, memiliki identitas yang baik dan fasih dalam berbicara.


    Menjadi seorang penghafal al-Qur’an tidak cukup hanya dengan menghafal tetapi juga harus tahu arti dan penjelasan dari ayat-ayat al-Qur’an. Karena dengan mengerti arti dan penjelasannya, maka seorang penghafal al-Qur’an akan berakhlak seperti apa yang dihafalkan dari ayat-ayat al-Qur’an tersebut, yang bisa disebut dengan karakter qur’ani.


    Lajnah Tahfizul Qur'an (LTQ) Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya menjadi Program unggulan. Tidak hanya dalam bidang mengkaji kitab kuning, Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng, untuk meningkatkan kualitas para santrinya, juga terlengkapi dengan proram unggulan Lajnah Tahfizul Quran (LTQ) 


    Lajnah Tahfizul Quran (LTQ)  diresmikan sejak tahun 2022. Diresmikan Lajnah Tahfizul Quran (LTQ) Darul Munawwarah selain untuk meningkatkan minat para santri dan dewan guru untuk menghafal Al-Quran juga untuk mengimbangi perkembangan zaman dengan filsuf-filsuf Al Qur'an melalui Tafsirnya.


    Terwujudnya generasi Islam yang cinta Al-Quran dengan selalu membaca, menghafal, mengerti isi, mengamalkan dan mendakwahkannya adalah Visi dari Lajnah Tahfizul Quran (LTQ) Darul Munawwarah, Sedangkan Misi yang dijalankan meliputi, pertama mempersiapkan generasi Islam yang berwawasan Al-Quran dan menguasai sepenuhnya khazanah ilmu-ilmu kitab kuning. Kedua, menghasilkan lulusan yang professional dalam ilmunya dan mampu menjawab tantangan zaman. Ketiga, mensyiarkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Quran ditengah-tengah masyarakat. Dan keempat, mengembangkan pusat kajian dan keilmuan Al-Qur’an.


    Bukan cuma kebetulan, Lajnah Tahfizul Quran (LTQ) Darul Munawwarah juga sangat sefrekuensi dengan Perguruan Tinggi Ma'had Aly Darul Munawwarah yang Spesifik Takhasus Ilmu Tafsir Wa Ulumuhu. Urutan yang menjanjikan, selesai Khatam Tahfiz Al Qur'an, mengkaji kitab Kuning dan lanjut dengan perkulian Ma'had Aly untuk penelitian Tafsir Al Qur'an. MasyaAllah.


    (Andi Fazil/Fadly P.B)

    Komentar

    Tampilkan