-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Anti Golput, Cerdas Memilih dan Partisipatif serta Damai dalam Menghadapi Pilkada Jawa Tengah Tahun 2024

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, August 14, 2024, 18:44 WIB Last Updated 2024-08-14T11:44:06Z

    Pemalang - Dalam Penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, Pemilihan umum (Pemilu) adalah bentuk implementasi nyata dari hak demokrasi warga negara Indonesia yang langsung diamanatkan di dalam konstitusi dasar Negara yakni UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 untuk memilih pemimpin dan wakil wakil dari warga negara. 


    Selanjutnya, Pilkada adalah juga bentuk impelementasi nyata dari hak demokrasi masyarakat daerah yang diamanatkan langsung di dalam konstitusi dasar negara maupun undang-undang tentang pemilu untuk memilih kepala daerah dan wakil wakil dari masyarakat daerah, hal tersebut disampaikan Muhammad Ariefka Anandito Mahasiswa KKN Undip tahun 2024 Jurusan Prodi Fakultas Hukum Undip, usai dirinya melaksanakan kegiatan Pendampingan dari program KKN Monodisiplin di desa Juwangi, kecamatan Juwangi, kabupaten Boyolali, Rabu (14/8/2024).


    Pelaksanaan pemilu maupun pilkada tentu banyak hal yang diperlu untuk diperhatikan guna menyukseskan pemilu maupun pilkada, diantaranya adalah mengenai pelaksanaan asas dari pemilu itu dan peran serta partisipasi warga negara baik sebelum, saat pemilu dan pasca Pemilu atau Pilkada.


    "Hal diatas menjadi Implementasi hak demokrasi warga negara ini tentu dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air, salah satunya adalah Desa Juwangi", terang Muhammad Ariefka Anandito. 


    Dalam kesempatan yang sama, Kepala desa Juwangi, Yagus Juhadi, S. E. juga menyatakan bahwa secara umum kondisi desa Juwangi adalah salah satu desa yang masyarakatnya sangat plural yang terdiri dari lima Agama yang hidup rukun. Tentunya potensi desa ini sangatlah luar biasa baik di tengah kehidupan bermasyarakat yang beragam, dengan kondisi yang aman, tentram, dan damai. Upaya penguatan atau pendampingan mengenai pentingnya menjaga kerukunan tersebut di tengah arus perkembangan sosial, politik, budaya, dan ekonomi. 


    Hal ini untuk mengantisipasi Potensi permasalahan lainnya adalah tergerusnya kerukunan tersebut jika tidak diselingi pendampingan menghadapi Pilkada Jawa Tengah 2024", sambungnya. 


    "Kurangnya kepedulian dan pemahaman masyarakat secara filosofis dan hukum kepemiluan terutama dalam sisi penggunaan hak pilih dan juga pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan umum yang rawan akan tindak kekeliruan dalam pemilu", tegas Yagus Juhadi.


    Dosen Pembimbing Irfan Murtadho Yusuf S.A.P., MPM juga turut menyoroti kondisi tersebut, maka didasarkan atas potensi permasalahan yang ada di desa juwangi dalam upaya menyukseskan pilkada jawa tengah 2024, kami hadirkan program kerja Monodisiplin  tentang "Pendampingan masyarakat Desa Juwangi menuju persiapan pemilihan kepala daerah provinsi jawa tengah tahun 2024 dengan gerakan bersama anti golput, cerdas memilih, partisipatif, dan damai.


    Pendampingan ini dilakukan oleh tim mahasiswa Undip yang juga bekerjasama dengan Panwascam Kecamatan Juwangi untuk memberikan pemahaman secara filosofis, teknis agar dapat memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat", ucap Irfan Murtadho Yusuf. 


    Selain adanya pendampingan dari kami, tim Panwascam setempat juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk menandatangani pakta integritas berupa komitmen bersama untuk melaksanakan Gerakan anti golput, cerdas memilih, partisipatif, dan selalu menciptakan rasa damai di tengah tengah masyarakat yang beragam.


    Dalam hal ini kegiatan pendampingan juga dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat desa juwangi yang sudah memiliki hak pilih sebagai sasaran ataupun objek dari pendampingan ini.


    Tentu diharapkan kegiatan pendampingan ini dapat memberikan suatu kebermanfaatan bersama baik untuk mahasiswa Universitas Diponegoro ataupun panwascam dan juga seluruh masyarakat "Dengan demikian agar bisa memberikan sumbangsih keilmuan dan gagasannya untuk sama sama menjaga hak pilih dan menciptakan masyarakat yang anti golput, cerdas memilih, partisipatif, dan selalu menciptakan rasa damai di tengah keberagaman masyarakat dalam menghadapi PILKADA Jateng 2024”, pungkas Irfan Murtadho Yusuf. (Eko B Art).

    Komentar

    Tampilkan