-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    UPTD Puskesmas Kota Juang Adakan Donor Darah

    Monday, July 8, 2024, 15:12 WIB Last Updated 2024-07-08T08:12:26Z


    Bireuen
    - UPTD Puskesmas Kota Juang Kabupaten Bireuen, mengadakan Donor Darah, acara berlangsung Senin (8/7)2024 di halaman PKM setempat, Bertemakan" Setetes Darah, Sejuta Harapan, kegiatan ini bersamaan dengan Tahun Baru Islam.


    Kepada MetroNewsTV.com Kepala UPTD Puskesmas Kota Juang, Nana Diana,SKM di dampinggi Koordinator kegiatan Donor Darah, Romawar, Amd.Keb mengatakan, Kegiatan Donor Darah dilakukan setahun 2 kali, ini juga  merupakan program rutin,  turut berpatisipasi  dalam kegiatàn Donor Darah, tenaga kesehatan yang ada dipuskemas, mereka sebagai pendonor tetap yang akan memberikan darahnya untuk ibu - ibu hamil di Desa masing - masing.

     

    Selain pendonor tetap, Masyarakat di Kecamatan Kota juang sekitar turut dilibatkan pada kegiatan tersebut, mereka disediakan biaya transfortasi.


    Dalam mencapai kesuksesan, pihak Puskesmas Kota juang telah mempromosi keikutsertaan Masyarakat untuk Donor Darah semenjak bulan juni Tahun 2024.


    Namun yang menjadi harapan, Kepala UPTD Puskesmas Kota Juang Bireuen, Nana Diana,SKM adalah, dengan adanya kegiatan Donor Darah ' tentu dapat membatu kekurangan darah di UTD RSU dr Fauziah Bireuen.


    Donor darah adalah aktivitas menyumbangkan darah yang dilakukan dengan sukarela.

    Tujuan donor darah adalah untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan.


    Melakukan donor darah secara rutin terbukti bisa memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun berbagai manfaat donor darah adalah sebagai berikut.


     1.Mengurangi Kadar Kolesterol

     Salah satu manfaat donor darah adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Jika kadar kolesterol terkontrol, maka risiko penumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri (aterosklerosis) akan berkurang, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.


     2. Menjaga Kesehatan Jantung

     Donor darah secara rutin dapat membuat jantung berdetak lebih stabil dan teratur. Apabila sirkulasi darah lancar, maka organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik. Di samping itu, rutin mendonorkan darah juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker. Bahkan, kadar zat besi dalam darah bisa lebih stabil dengan rutin mendonorkan darah.


    3. Meningkatkan Produksi Eritrosit Baru, Manfaat berikutnya dari donor darah adalah meningkatkan produksi eritrosit (sel darah merah) baru. Sel darah merah baru dapat mengangkut oksigen dengan lebih efektif ke seluruh organ tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.


    4. Deteksi Dini Penyakit

    Sebelum melakukan donor darah, setiap pendonor dapat menjalani pemeriksaan kesehatan secara gratis. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebagai upaya untuk mendeteksi beberapa penyakit menular serius, seperti malaria, sifilis, hepatitis B dan C, hingga HIV.


    5. Membantu Menjaga Kesehatan Mental.

    Kegiatan Donor Darah difasilitasi 1 Unit Mobil Transfungsi Darah dari UTD RSU dr.Fauziah Bireuen yang melibatkan 6 orang petugas.

    Hendra-ST 


     

    Komentar

    Tampilkan