-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama, Diharapakan Bisa Memperluas Wawasan Kerukunan dan Harmoni Sosial Jajaran Pemkab Pemalang

    Wednesday, July 10, 2024, 19:14 WIB Last Updated 2024-07-10T12:14:34Z


    Pemalang
    - Kepala Balai Litbang Agama Semarang H. Moch. Muhaemin, S.Ag, MM. Menyampaikan bahwa penguatan moderasi beragama menjadi salah satu Program Prioritas Nasional yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024.


    Tahun 2024 merupakan tahun terakhir dari roadmap yang disusun oleh Tim Kelompok Kerja (Pokja) Moderasi Beragama Kementerian Agama RI. Muhaemin menjelaskan, selama lima tahun, Kementerian Agama telah berhasil menginternalisasi moderasi beragama melalui berbagai strategi penguatan yang mencakup masyarakat, pendidikan, keagamaan, media, politik, dan negara,” ujar Muhaemin.


    “Menjelang berakhirnya roadmap penguatan moderasi beragama, Presiden Jokowi melalui Perpres Nomor 58 Tahun 2023 telah mengeluarkan pedoman bagi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan umat beragama untuk memperkuat moderasi beragama,” ucap Muhaemin.


    Dirinya juga memaparkan bahwa sejak Perpres tersebut diterbitkan, berbagai kementerian dan lembaga mulai melaksanakan upaya penguatan moderasi beragama.




    Penguatan moderasi beragama di Indonesia sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang harmonis, toleran, dan inklusif. Hal ini menjadi semakin mendesak mengingat tingginya keragaman agama, etnis, dan budaya di Indonesia.


    “Penguatan moderasi beragama yang dilakukan lintas kementerian dan lembaga bertujuan untuk menjaga kerukunan dan harmoni sosial, mengurangi ekstremisme dan radikalisme, meningkatkan pemahaman dan kesadaran beragama, mendukung kebijakan pemerintah, serta menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi,” tegas Muhaemin.


    Dalam kegiatan acara tersebut dilakukan serah terima cinderamata antara Kepala Balai Litbang Semarang Moch Muhaemin dengan Bupati Pemalang Mansur Hidayat, acara tersebut di hadiri Sekda Heriyanto, kepala Kemenag Roziqun, dan para kepala OPD lainnya.



    Selanjutnya Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam kesempatan tersebut secara langsung membuka sosialisasi penguatan moderasi beragama bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang di Pendopo Kabupaten setempat. Rabu (10/7/2024)




    Mansur Hidayat mengatakan dirinya sangat mensupport dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut, Dirinya berharap sosialisasi moderasi beragama yang dihadiri Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Kepala Balai Litbang Agama Semarang, K.H. Taj Yasin Maimoen dan Dr. Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I. selaku Narasumber, bisa dilaksanakan secara lebih luas, dengan melibatkan partisipasi elemen-elemen masyarakat yang lain. 




    Masih menurut Bupati Mansur, bahwa hal itu tentu menjadi perhatian kita bersama mengingat moderasi merupakan salah satu langkah yang kita lakukan dalam mencegah fanatisme maupun radikalisme di tengah-tengah masyarakat.


    Selain menyampaikan ucapan terima kasih, Mansur Hidayat juga berharap dengan sosialisasi penguatan moderasi beragama yang dilaksanakan hari ini mampu memperluas wawasan jajaran Pemkab Pemalang. 


    "Dan terkait Moderasi Beragama dalam berbagai aspek sosial masyarakat, terutama dalam aktivitas keseharian segenap pejabat Pemda saat bersosialisasi bersama masyarakat, maupun saat pelaksanaan tugas di lingkungan kantor masing-masing", pungkas Mansur Hidayat. 


    Eko B Art-ST 

    Komentar

    Tampilkan