-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Prosesi Jamasan Kereta Kencana dan Benda Pusaka Serta Beber Wayang Merupakan Bentuk Pelestarian Budaya di Kabupaten Pemalang

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, July 17, 2024, 06:35 WIB Last Updated 2024-07-16T23:35:23Z

    Pemalang - Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang melalui Kabid Kebudayaan, Suwarso menyampaikan bahwa tradisi beber wayang rutin dilakukan setiap tahun, Jamasan yang dilakukan pada pukul 15.30 WIB dilaksanakan di Garasi Rumah Dinas Bupati setempat, Selasa (16/7/2024). 


    "Dalam tradisi tersebut wayang diangkat dari tempat penyimpananya (kotak wayang) untuk di angin-anginkan atau dijemur agar tidak ditumbuhi jamur", ucap Suwarso.


    "Adapun nantinya setelah pelaksanaan tradisi beber wayang, acara dilanjutkan dengan boyong kereta Turonggo Jati dari Eks. Rumah dinas Wakil Bupati Pemalang ke Garasi Rumah dinas Bupati untuk disatukan dengan kereta Seto Mraman untuk kemudian di jamas", sambung Suwarso.


    "Dalam hal ini Untuk melestarikan budaya di Kabupaten Pemalang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemalang menyelenggarakan prosesi jamasan kereta kencana dan benda pusaka Kabupaten Pemalang", pungkas Suwarso. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan