-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Kegiatan Gelar Seni Karawitan Malam Selasa Kliwon Diharapkan Dapat Menjadi Sarana Untuk Melestarikan Budaya Tradisional

    Admin
    Wednesday, July 3, 2024, 16:49 WIB Last Updated 2024-07-03T09:49:00Z

    Pemalang –  Pada malam Selasa Kliwon, di kabupaten Pemalang, digelar kegiatan karawitan, acara gelar seni yang menarik perhatian masyarakat setempat ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya Jawa, khususnya seni karawitan.



    Secara khusus awalnya acara karawitan malam Selasa Kliwon tersebut diadakan di pendopo kabupaten Pemalang, namun lambat laun acara juga digelar Pendopo balai desa dan juga balai pendopo kecamatan. 


    Waktu pementasan karawitan dipilih dengan mengambil malam Selasa Kliwon untuk kelangsungan pelaksanaan acara, karena malam selasa Kliwon memiliki nuansa tradisional yang cocok untuk karawitan.


    Terlihat ribuan masyarakat dari berbagai kalangan hadir untuk menyaksikan kegiatan gelar seni karawitan malam Selasa Kliwon yang berlangsung di Balai Pendopo Kecamatan Watukumpul, Senin (1/6/2024). 


    Camat Watukumpul Agus Syarif Nurhadi menyatakan Masyarakat sangat antusias menyaksikan penampilan para seniman karawitan yang tampil dengan penuh semangat. Para seniman melantunkan lagu-lagu tradisional Jawa yang sarat makna dan memiliki irama yang khas.


    "Selain menyaksikan penampilan para seniman karawitan, masyarakat juga dapat ikut serta dalam kegiatan ini. Mereka kita ajak untuk ikut bernyanyi bersama dengan seniman karawitan yang sedang. Tentu hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial antara seniman dan masyarakat",  ucap Agus Syarif kepada awak media. 


    Selama kegiatan berlangsung, suasana menjadi semakin meriah dengan kehadiran berbagai stand UMKM dari masyarakat setempat yang menjajajan aneka makanan dan minuman. 



    "Sembari menikmati alunan musik jawa dengan suara merdu dari para seniman karawitan, tamu undangan dan masyarakat bisa menikmati hidangan Soto khas Watukumpul yang disediakan oleh panitia" sambung Agus Syarif Nurhadi. 




    Dalam kesempatan yang sama Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pemalang Ismun Hadiyo juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan karawitan ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk konservasi budaya yang penting untuk dilestarikan. Ia juga berharap agar seni karawitan menjadi semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas.


    "Kegiatan karawitan malam Selasa Kliwon di kabupaten Pemalang ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya tradisional. Dengan menggelar kegiatan diharapkan seni karawitan tidak akan punah, melainkan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman", pungkas Ismun Hadiyo.


    Watukumpul, senin malam 1 Juli 2024  Pecah…cah…cah,  Warga berbondong-bondong di Pendopo Kecamatan Watukumpul menyaksikan acara Pentas Seni Karawitan Malam Selasa Kliwon yang dibuka dengan gending dolanan dari SDN 01 Watukumpul dan SMK Muhamadiyah Watukumpul.


    Penampilan tari dari MI Watukumpul Tari Kencana Katon Wingko, Tari Gambyong SMPN 1 Watukumpul, serta Tari Kebo Ijo TBM Adinda menambah semarak Acara karawitan malam Selasa Kliwon. 


    Dilanjutkan dengan penampilan Sanggar Wisnu Laras, Sanggar Galih Laras dari Desa Gapura serta Sanggar Seka daro Desa Watukumpul.

    Salam budaya... 

    Lestari budayaku...


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan