-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Dinkes Cilegon Gelar Rapat Koordinasi Program GERMAS dan Posyandu Aktif

    Wednesday, July 10, 2024, 18:49 WIB Last Updated 2024-07-10T11:49:32Z


    CILEGON
    - Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Program GERMAS dan Posyandu Aktif, yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kota Cilegon pada Rabu (10/07/2024).


    Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasie Perekonomian dan Pemberdayaan Masyarakat dari 43 Kelurahan Se- Kota Cilegon dan Narasumber dari Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cilegon, Drg Rully Kusumawardhany, MM dan Bagian Hukum Setda Kota Cilegon, Bpk. Pribadi Setyawan, SH.


    Acara dibuka langsung oleh Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat, Drg Rully Kusumawardhany, MM, Ia menjelaskan, GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.


    "Perubahan Pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS)", ujar nya.


    "Aksi GERMAS juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih (PHBS) dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat," sambungnya.


    Lanjut, dikatakan Rully, peran Posyandu ditengah masyarakat sangatlah besar. Posyandu merupakan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.


    "Kegiatan Rapat koordinasi pada hari ini menekankan bahwa posyandu merupakan lembaga kemasyarakatan kelurahan, dimana peran strategis kelurahan terhadap Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan antara lain, peningkatan kapasitas SDM, Penataan dan penguatan kelembagaan, Penyediaan Sarana Prasarana, Perencanaan Partisipatif dan Fasilitasi Kerjasama", terangnya.


    "Kegiatan rapat koordinasi program GERMAS dan Posyandu aktif bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan sehingga pelaksanaan program terlaksana dengan baik dan  sesuai target serta dukungan penuh dari lintas sektor dalam hal ini adalah kelurahan untuk memperhatikan pelayanan, sarana & prasarana juga penggerakan masyarakat agar aktif berkunjung & memanfaatkan Posyandu semaksimal mungkin", ungkapnya.


    Selain itu diharapkan kelurahan dapat memanfaatkan kewajiban CSR dari industri industri yg berada di kota Cilegon untuk mendukung kegiatan Posyandu agar berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat, kader Posyandu maupun semua pihak terkait.


    Vie-ST 

    Komentar

    Tampilkan