-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Bidan Diharapkan Dapat Meningkatkan Perannya Sebagai Penyuluh, Pendidik, Pembimbing, Fasilitator Klinik, Peneliti dan Juga Sebagai Penggerak

    Metronewstv.co.id
    Sunday, July 7, 2024, 19:36 WIB Last Updated 2024-07-07T12:36:48Z

    Pemalang - Semoga Ikatan Bidan Indonesia (IBI) semakin jaya dan semakin bermanfaat, sesuai dengan tema yang ada "Peran Bidan dalam sistem ketahanan nasional pada kritis iklim melalui sinergi dan kolaborasi". 


    Selanjutnya Agar dapat terus berSinergi bersama-sama dengan pemerintah daerah terutama di sektor kesehatan, hal tersebut disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat acara kegiatan peringatan HUT ke 73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dengan tema "Peran Bidan dalam sistem ketahanan nasional pada kritis iklim melalui sinergi dan kolaborasi". Acara kegiatan berlangsung di hotel Regina Pemalang, Sabtu (06/07/2024).


    Selanjutnya Mansur Hidayat menambahkan bahwa, Rasanya perlu kita ketahui bersama bahwa krisis iklim tengah melanda sebagian besar wilayah Indonesia, terdapat empat masalah utama sebagai dampak krisis iklim di Indonesia, yaitu ; polusi udara, krisis air pemanasan global, dan hilangnya keanekaragaman hayati akibat nya banyak terjadi wabah dan bencana. 


    "Terkait dengan kondisi demikian, bidan diharapkan dapat meningkatkan perannya sebagai penyuluh, pendidik, pembimbing, fasilitator klinik, peneliti terutama sebagai penggerak", ucap Mansur Hidayat. 


    "Peran serta masyarakat dalam menghadapi krisis iklim ini, perlu didorong untuk bisa menjadi panutan memerangi iklim lewat segala tindak tanduk dan pelayanan kesehatan yang diberikan", sambungnya. 


    Di era saat ini, bidan juga diharapkan mampu beradaptasi dengan dinamika perkembangan zaman lewat peranannya dalam penerapan terobosan-terobosan baru dalam pelayanan kesehatan.


    Tentu saja dalam perannya tersebut, bidan harus tetap berkoordinasi bersinergi dan melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya pemerintah daerah. 


    Kontribusi bidan sebagai tenaga profesional dalam pemberdayaan masyarakat menghadapi krisis iklim menjadi faktor penting dalam menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas. 


    Saya berpesan kepada segenap anggota IBI di mana pun berada, khususnya kabupaten Pemalang, terus tingkatkan komitmen dan kerja keras dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi, terus lakukan edukasi secara berkelanjutan mendampingi dan membimbing ibu-ibu dalam menerapkan pola hidup sehat dan seimbang, sehingga terwujud keluarga yang sehat dan sejahtera. 


    Bidan sebagai Garda terdepan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, bidan memiliki peranan strategis mendukung keberhasilan program-program pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


    Bidan dapat selalu ikut menggerakkan masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah, agar kita dapat menciptakan masyarakat Kabupaten Pemalang yang sehat dan kuat. 


    "Selamat hari ulang tahun IBI ke-73, semoga ke depan IBU semakin kompak, semakin jaya dan semakin bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Pemalang", pungkas Mansur Hidayat. 


    Dalam laporannya, Khodiroh selaku Ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa "Tujuan terselenggaranya peringatan HUT IBI adalah untuk mempererat tali silaturahmi di antara anggota serta memantapkan IBI sebagai organisasi profesi yang handal".


    "Anggaran pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari dana Swadaya seluruh anggota IBI dan partisipan yang tidak mengikat" ucap Khodiroh. 


    Rangkaian dari kegiatan yang dilaksanakan untuk HUT IBI ke-73 tahun 2024 antara lain ;


    -Tabur bunga di makam teman sejawat IBI yang telah dilaksanakan di masing-masing ranting. 


    -Membuka Posko bidan pagi pada kegiatan arus mudik di pos pelayanan mudik. 

    -Pelayanan imunisasi bagi bayi di

    semua praktik Mandiri bidan. 

    -Pelayanan KB serentak di semua praktik Mandiri bidan pada tanggal 22 Mei tahun

    2024 dengan fokus lokasi di PMB Anis desa Kuta kecamatan Belik dan,  PMB Miladiah Moga dengan

    bersamaan dengan pemberian bantuan secara langsung oleh Bapak Bupati Pemalang bagi semua akseptor yang diberikan bantuan dari baznas. 


    Alhamdulillah hasil yang didapatkan menjadi juara dua capaian pelayanan akseptor KB tingkat provinsi Jawa Tengah.

    - Kegiatan selanjutnya adalah

    anjangsana ke bidan senior.


    -Kegiatan penilaian lomba administrasi ranting terbaik dan bidan Award tahun 2025, dan Puncak acara resepsi adalah kegiatan hari ini dengan menggelar Talk Shaw di Hotel Regina Pemalang, pungkas Khodiroh. 


    Acara kegiatan dihadiri oleh Bupati Pemalang bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Pemalang, Ketua IBI provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Pemalang, Kepala Dinas Sosial, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pemalang, Anggota IBI se-Kabupaten Pemalang dan segenap tamu undangan lainnya.


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan