-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Sekda Ogan Ilir : Muhsin Abdulla Apresiasi inisiatif Para Pelajar SMPN 1 Indralaya Dalam Acara Gelar Gebyar Karya

    Monday, June 10, 2024, 18:42 WIB Last Updated 2024-06-10T11:42:19Z


    OGAN ILIR, - Metronewstv.co.id. SMPN 1 Indralaya Gelar Gebyar Karya, Pamerkan Kreasi Furniture dari Limbah Sampah Plastik. Sebagi wujud Program Sekolah Penggerak, SMPN 1 di Indralaya, Ogan Ilir, mengadakan kegiatan gebyar karya hasil kreasi siswa-siswi.


    Memanfaatkan botoh plastik bekas dan kantong plastik, siswa mengolahnya menjadi produk ecobrick. Ecobrick adalah sebuah inovasi visioner yang dikembangkan sebagai solusi pengolahan limbah plastik. 


    Kepala SMPN 1 Indralaya, Dra. Herlina mengatakan, pengolahan limbah plastik menjadi salah satu kegiatan hasil pembelajaran siswa di sekolah tersebut."Sampah botol dan sampah plastik bekas dimanfaatkan menjadi furniture oleh siswa kami," kata Herlina ditemui di sela kegiatan Gebyar Gelar Karya SMPN 1 Indralaya, Senin (10/6/2024).


    Herlina melanjutkan, inovasi pengelolaan limbah yang satu ini dapat dibuat dengan mudah. "Anak-anak mempelajari ecobrick lewat YouTube dan dipraktikkan setiap ada mata pelajaran terkait," ungkap Herlina.


    Selain mengakomodasi pengelolaan limbah plastik, inovasi ecobrick juga memiliki berbagai manfaat lainnya."Menurut Herlina, adapun manfaat tersebut bisa ditinjau dari sisi fungsional dan sisi ekonomis.


    Dari sisi fungsional, manfaat ecobrick dapat menjadi material dasar dalam memproduksi sebuah barang."Mulai dari pembuatan furniture, perabotan indoor, hingga material pembentuk sebuah bangunan semisal dinding sebuah ruangan. 


    "Meskipun sederhana bentuknya, ecobrick dapat menjadi alternatif material bangunan seperti batu bata. Di luar negeri pun sudah banyak yang memanfaatkan ecobrick untuk bangunan," terang Herlina.


    Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Ilir, Muhsin Abdullah mengapresiasi inisiatif para pelajar SMPN 1 Indralaya.


    "Ini merupakan suatu kegiatan yang bagus, terutama dalam penanggulangan masalah sampah. Pemkab Ogan Ilir tentunya mendukung kegiatan seperti ini," kata Muhsin. 


    (Yix)

    Komentar

    Tampilkan