-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pemerintah Kabupaten Okuselatan Menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila

    Metronewstv.co.id
    Monday, June 3, 2024, 14:16 WIB Last Updated 2024-06-03T07:16:23Z

    Muaradua - Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan, Joni Rafles, AP., M.Si., yang menjadi Pembina upacara membacakan sambutan tertulis dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Di mana dalam amanatnya, Plh Sekda menjelaskan bahwa Hari Lahir Pancasila ini diperingati bertepatan dengan Proklamator Bangsa, Bung Karno pertamakali memperkenalkan Pancasila di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Senin (03/06/2024).


    Sementara tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengandung makna bahwa Pancasila mengatukan bangsa di tengah banyaknya perbedaan. Persatuan yang bertujuan untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas.


    “Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.


    Plh Sekda juga mengajak untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” katanya.


    Pesatnya perkembangan teknologi saat ini juga menjadi tantangan tersendiri dalam penerapan ideologi Pancasila. Untuk itu agar Ideologi Pancasila ini dapat menjadi filter sehingga tidak mengalami disorientasi di masa depan.


    Pengarusutamaan Pancasila dapat dilakukan dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. “Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” jelasnya.


    “Mari bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.


    Hadir pada upacara ini perwakilan Forkopimda Kabupaten OKU Selatan, para asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, para Kabag serta tamu undangan lainnya


    (Awaludin)

    Komentar

    Tampilkan