-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Layanan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Kepada Masyarakat Tidak Berjalan Dengan Baik Manakala OPD Terkait Lambat Dalam Merespon Aduan dan Keluhan dari Masyarakat

    Metronewstv.co.id
    Thursday, June 27, 2024, 10:23 WIB Last Updated 2024-06-27T03:23:36Z

    Pemalang - Kepala Diskominfo Pemalang Joko Ngatmo selaku penyelenggara acara "Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik" dalam laporannya menerangkan bahwa kegiatan yang dibiayai APBD ini bertujuan meningkatkan pemahaman perangkat daerah, kecamatan, BLUD, BUMD dan Puskesmas mengenai kelembagaan pengelola pengaduan masyarakat berikut tugas – tugasnya seperti termuat dalam Permendagri Nomor 8 Tahun 2023.


    Selain itu, kegiatan bertujuan meningkatkan pemahaman perangkat daerah, kecamatan, BLUD, BUMD dan Puskesmas mengenai tata kelola keterbukaan informasi publik sesuai Perki Nomor 1 Tahun 2021, meningkatkan kemampuan teknis dalam menggunakan aplikasi/dashboard pengelola pengaduan (halobupati.lapor.go.id).


    “Serta meningkatkan kemampuan dalam penggunaan website dan media sosial untuk publikasi informasi publik,” ucap Joko Ngatmo.


    "Sedangkan untuk suksesnya kegiatan ini, pihaknya mengikutkan 158 peserta terdiri dari Sekretaris Perangkat Daerah, Sekretaris Camat, Direktur BLUD, Direktur BUMD dan Kepala Puskesmas beserta Petugas Pengelola Informasi masing -masing", terang Joko Ngatmo. 


    Tidak hanya itu Joko juga menghadirkan narasumber Bupati Pemalang sekaligus membuka acara tersebut, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, dan Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.


    Dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pemalang diharapkan dapat merespon dengan cepat keluhan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat.


    “Saya minta semua OPD dapat merespon dengan cepat apabila ada keluhan dari masyarakat,” kata Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka sosialisasi dan bimbingan teknis Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, di Aula Sasana Bhakti Praja komplek rumah dinasnya.


    Mansur Hidayat juga menyebutkan layanan pengelolaan informasi dan komunikasi kepada masyarakat tidak berjalan dengan baik manakala OPD terkait lambat dalam merespon aduan dan keluhan dari masyarakat.


    “Saya berharap OPD harus hadir saat ada keluhan dan informasi dari masyarakat,” tegas Mansur Hidayat. 


    Untuk itu pihaknya berharap kepada jajarannya agar senantiasa merespon setiap aduan dan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat sehingga terjalin komunikasi yang baik antara Pemerintah dan masyarakat.


    “Yang penting masyarakat itu, kita sudah respon terkait dengan aduan. Kalau aduan itu bisa di eksekutif esok harinya, langsung eksekusi esok harinya tapi kalau aduan itu tidak bisa di eksekusi karena mungkin tidak ada anggaran ya disampaikan saja nunggu tahun berikutnya,” ujarnya Rabu, (26/6/2024).


    Selain mendorong untuk merespon dengan cepat terhadap aduan yang disampaikan masyarakat, orang nomor satu di jajaran Pemkab Pemalang tersebut juga menekankan kepada jajarannya untuk menyampaikan informasi dengan jelas kepada masyarakat sehingga diharapkan layanan informasi dan komunikasi publik di Kabupaten Pemalang dapat berjalan dengan baik.


    “Semoga kegiatan Ini menjadi titik awal bagi kemajuan Pemkab Pemalang sehingga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pemalang,” pungkas Mansur Hidayat. 


    (Eko B Art) 

    Komentar

    Tampilkan