-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Pembangunan Infrastruktur Geospasial, Pengelolaan Data serta Informasi Geospasial

    Metronewstv.co.id
    Friday, June 7, 2024, 08:00 WIB Last Updated 2024-06-07T01:00:43Z

    Pemalang - Acara Penandatanganan nota kesepakatan penyelenggaraan pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kabupaten Pemalang antara Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, ST., M. Ling. dengan Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Dr. rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc. dan serah terima cendera mata.


    Kegiatan Sosialisasi diikuti sebanyak 60 orang yang terdiri dari Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli dan para Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian Setda di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.


    Pelaksanaan Bintek pembangunan infrastruktur geospasial dan pengelolaan data dan informasi geospasial diikuti sebanyak 60 orang yang terdiri dari Tim Satu Data Indonesia Kabupaten Pemalang dan Petugas Pengelola Data pada produsen data Perangkat Daerah.


    Narasumber dan pemateri Bimtek seluruhnya disampaikan oleh Tim BIG (Badan Informasi Geospasial).


    Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Pemalang di bidang data statistik sektoral dan geospasial serta untuk meningkatkan pelayanan dan pemanfaatan Satu Data Indonesia, Pemkab Pemalang melalui Diskominfo setempat menyelenggarakan sosialisasi dan bimtek pembangunan infrastruktur geospasial dan pengelolaan data dan informasi geospasial yang dilaksanakan selama dua hari di Gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang. Kamis (6/6/2024).


    Dalam kesempatan tersebut Saat membuka acara, Bupati Mansur mengatakan, terkait dengan satu data Indonesia atau satu data Pemalang, Geospasial begitu sangat penting, karena apapun permasalahan yang ada di Kabupaten Pemalang, Pemkab akan melakukan intervensi dan sebagai dasar intervensi tentu harus didukung pula dengan data yang tepat dan akurat.


    “Itulah kenapa disini ada Kepala BPS, harapannya benar-benar bisa bersinergi. karena antara data geospasial dan data BPS harus bisa bersinergi,” ucap Mansur Hidayat. 


    Dirinya juga mengatakan bahwa Kabupaten Pemalang sudah memiliki Peraturan Bupati (Perbub) tahun 2021 yang terkait dengan penyelenggaraan Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Pemalang serta Surat Edaran Bupati terkait petunjuk teknis implementasi Satu Data Indonesia.


    Menyinggung soal aplikasi yang ada di Pemkab Pemalang saat ini, Bupati mengatakan, "sesuai arahan Presiden, Bupati sepakat agar ke depan tidak terlalu banyak aplikasi yang digunakan dan meminta agar bisa dipadukan dalam satu Dashboard sehingga ketika dibuka sudah menjadi satu data kemudian dikolaborasikan dengan geospasial sehingga tidak perlu lagi membuat aplikasi-aplikasi lagi".


    Mansur Hudayat juga mengungkapkan rasa gembiranya apabila pemanfaatan data geospasial dapat dikolaborasikan dengan data data kemiskinan, data stunting, data jalan, data kependidikan, data kebencanaan dan sebagainya.


    "Terkait dengan kegiatan sosialisasi dan bentek pembangunan infrastruktur geospasial dan pengelolaan data dan informasi geospasial yang diselenggarakan hari ini dan besok, Saya minta kepada para peserta untuk benar-benar dapat mengikuti Bimtek tersebut dengan sebaik-baiknya karena ke depan sangat dibutuhkan" ujar Mansur Hidayat.


    "Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Dr. rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc. dan Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama Badan Informasi Geospasial, Dr. Suprajaka, MT , yang bisa hadir secara langsung di Kabupaten Pemalang, dan Kami Sampaikan terima kasih kepada Diskominfo Kabupaten Pemalang yang telah menyelenggarakan kegiatan hari ini" pungkas Mansur Hidayat. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan