-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Diduga Pisik Dari Anggaran Ketahanan Pangan Desa Mekarjaya Ajang Bancakan

    Metronewstv.co.id
    Monday, June 10, 2024, 19:19 WIB Last Updated 2024-06-10T12:19:22Z

    SUKABUMI - Mengingat terkait diharuskannya ketahanan pangan terwujud di desa desa Ketahanan Pangan juga diatur dalam peraturan Menteri Desa PDTT nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2023, pasal 6 ayat (2) Penggunaan Dana Desa untuk program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa, poin (b) ketahanan pangan nabati dan hewani.


    Minimal 20% dari penggunaan dana desa diutamakan untuk mendukung penguatan ketahanan pangan nabati dan hewani, menyerap informasi dari warga, dan hasil investigasi tim dilokasi desa tersebut ketika ditanya tanya masyarakat setempat, mendapat temuan bahwa anggaran ketahanan pangan dialokasikan untuk peternakan ayam sekitaran tahun 2022 namun disayangkan prasarananya jadi ajang bancakan pada : Senin 10/06/2024.


    Menurut warga setempat inisial A mengatakan," membenarkan pemdes mekarjaya sekitaran 2022 membangun bangunan ternak ayam jenis komersil, dengan jelas pada waktu itu pemdes tersebut regulasikan anggaran untuk peningkatan PADes, namun disayangkan bangunan kandang ayam tersebut membekas, bagaimana tidak diduga anggaran tersebut sengaja diregulasikan kepeternakan agar meninggalkan jejak korupsi.


    Sempat dulu juga dipertanyakan langsung kepada kepala desanya inisial U katanya" selang satu minggu selesai kandang dua minggu  DOC (Day Old Chick) pada mati, apalagi dipasarkan" mengutif pernyataan kades maka diduga kades sengaja produk ayam komersil ajang bancakan," bebernya.


    Bukan hanya itu, produksi jamur dari salah satu media inisial H, pernah observasi produksi jamur, persisis dengan model peternakan ayam," cetusnya.


    Menambahkan pengamat publik ungkapnya," memebenarkan inspektorat membidik pemdes 2024 dari ketahanan pangan dan BUMDes dan wajib diperiksa pemdes tersebut, bahkan berita yang diterbitkan mendorong pemdes mekarjaya diperiksa, sesuai selentingan diwilayah kecamatan warungkiara ada lima desa menjadi agenda pemeriksaan inpektorat salah satunya desa mekarjaya sukabumi jabar.


    kepada aparatur penegak hukum (APH) agar memeriksa dan mengaudit seluruh kegiatan penggunaan anggaran DD/ ADD yang ada di desa tersebut terkait pisik dari tahun sebelumnya sampai tahun sekarang ini." pungkasnya.


    (Tim investigasi)

    Komentar

    Tampilkan