-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Bupati Nias Membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

    Metronewstv.co.id
    Saturday, June 1, 2024, 20:06 WIB Last Updated 2024-06-01T13:06:05Z

    NIAS SELATAN - Pemerintah Kabupaten Nias gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Nias, Jl. Ir. Soekarno Hiizoi-Gido. Dalam hal ini, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sabtu 01/6/2024.


    Pada kegiatan ini, Bupati Nias membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.


    Ia menyampaikan, patut disyukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.


    “Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai Inklusivitas, Toleransi, dan Gotong Royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam Identitas Nasional "Bhinneka Tunggal Ika" Ujar Bupati Nias.


    Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini memiliki makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan Suku, Agama, Budaya, dan Bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang Maju, Mandiri dan Berdaulat.


    Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Bupati Nias mengajak seluruh hadirin untuk bahu-membahu menggelorakan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.


    “Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari Etika, Integritas, dan Karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia” Pungkasnya.


    Di sisi lain, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.


    “Penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif. Untuk itu, pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan” Harapnya.


    Mengakhiri pidatonya, Bupati Nias berpesan kepada seluruh komponen bangsa untuk bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.


    “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat meningkatkan semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang Maju, Adil, Makmur, dan Berwibawa” Tutup Bupati Nias.


    Hadir pada upacara tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias,  Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Para Pejabat Eselon II Lingkup Pemkab Nias, TNI/POLRI, Pimpinan Instansi Vertikal BUMN/BUMD dan seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias. Dikutip dari Press release niaskab.go.id


    (Pidar Ndruru)

    Komentar

    Tampilkan