-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    PWI Kota Tangerang, Mengelar Rapat Persiapan Pelaksanaan UKW dan KLW

    Admin
    Sunday, May 19, 2024, 16:12 WIB Last Updated 2024-05-19T09:12:56Z

    Tangerang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang menggelar rapat persiapan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Karya Latih Wartawan (KLW).


    Pada pelaksanaan UKW dan KLW tersebut yang pertama kali diadakan di Kantor Sekretariat bersama PWI Kota Tangerang, pada Sabtu 8 Juni 2024 mendatang.


    Plt. Ketua PWI Kota Tangerang R Herwanto didampingi Sekretaris PWI Kota Tangerang Abdul Naser saat membuka rapat mengatakan bahwa uji kompetensi merupakan kewajiban menuju jurnalis kompeten, namun memang sifatnya tidak dipaksakan.


    "Mengikuti uji kompetensi merupakan kewajiban bagi kita sebagai jurnalis, karena hal itu sudah menjadi aturan Dewan Pers.

    Namun kami tak memaksakan jika teman-teman merasa belum siap mungkin bisa tahun berikutnya," kata Herwanto di ruang rapat Sekber PWI dan SMSI, pada Sabtu 18 Mei 2024.


    Dirinya mengingatkan kepada para anggota yang akan mengikuti uji kompetensi untuk selebihnya mempersiapkan diri memahami kode etik, penulisan berita dan teknik wawancara juga tentunya menjaga jejaring.


    "Tulis berita dan wawancara kan memang kerjaan sehari-hari, tapi dari semua itu yang terutama adalah jejaring. Untuk itu, jejaring ini memang cukup penting jejaring itu bukan cuma dari kalangan pejabat pemerintahan saja, tapi dari kalangan ormas maupun masyarakat biasa pun kita sebagai wartawan harus mempunyai hubungan luas yang nanti akan menjadi penilaian tersendiri bagi tim penguji," bebernya.


    Wanto menambahkan, PWI Kota Tangerang baru pertama kali ini melaksanakan UKW di Kota Tangerang, sedangkan KLW hampir setiap tahun sekali dilaksanakan, karena pelaksanaan UKW dan KLW biasanya diadakan di PWI Provinsi Banten.


    "Ini pertama kalinya PWI Kota Tangerang menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan UKW dari pengajuan, kita hanya mendapat kuota 3 kelas muda dan 1 kelas madya dan semua telah terisi. Sedangkan untuk KLW masih terbuka bagi teman-teman yang ingin masuk organisasi PWI atau buat anggota yang ingin ikut KLW lanjutan," sambungnya.


    Diakhir sambutannya, Ketua PWI Kota Tangerang meminta maaf jika nanti pada pelaksanaan UKW dan KLW pelayanan dari panitia kurang maksimal.


    "Saya selaku Plt Ketua PWI Kota Tangerang sebelumnya meminta maaf jika nanti pada pelaksanaan UKW dan KLW ada pelayanan kami yang kurang maksimal, baik masalah konsumsi maupun kenyamanan ruangan. Tapi yang pasti keinginan PWI Kota Tangerang hanya satu ingin memajukan jurnalis agar menjadi jurnalis kompeten," tutupnya.


    Sebagai informasi dalam rapat tersebut hadir Plt Ketua PWI Kota Tangerang R.Herwanto, Sekretaris PWI Kota Tangerang Abdul Naser para calon peserta UKW dan KLW serta sejumlah anggota PWI Kota Tangerang.


    (Nuryadi) 

    Komentar

    Tampilkan