-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Pemdes Buanajaya Bangun TPT Guna Meperlancar Ekonomi Masyarakat Bidang Pertanian

    Admin
    Monday, May 20, 2024, 00:25 WIB Last Updated 2024-05-19T17:25:56Z

    Sukabumi – Jalan usaha tani (JUT) adalah jalan yang dibangun oleh pemerintah desa  buanajaya dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian.


    Jalan ini biasanya menghubungkan antara lahan pertanian dengan jalan raya utama, serta menghubungkan antara lahan pertanian dengan sumber daya pertanian seperti irigasi dan input pertanian lainnya.


    Jalan usaha pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.


    Melihat pentingnya keberadaan JUT, Pemerintah Desa buanajaya yang mana telah mengupayakan untuk membangun JUT di Kp salabuana RT 004 RW 002 yang bersumber  dari Dana Desa /DD TA 2024 dengan pagu anggaran Rp 114. 812.000 ( PPN + PPH ) yang dilaksanakan oleh TPK wilayah hukum daerah kecamatan Bantargadung kabupaten Sukabumi. Minggu 19/05/2024.


    Selanjutnya JUT yang dibangun ini akan memberikan manfaat langsung kepuluhan hektar lahan pertanian produktif di wilayah desa buanajaya terutama kp salabuanan,  tahap pembangunan dengan spesifikasi panjang 90 /100 meter, tinggi 1,5 / 1 meteran.


    Selanjutnya, dengan dipeliharanya JUT, tembok penahan tanah guna lainnya sangat mendukung kepada peningkatan produktivitas lahan pertanian warga, 

    Kepala Desanya Gina mengatakan," pembangunan TPT jalan usaha tani ini, sebagai sarana pendukung terhadap aktivitas perekonomian, serta upaya dalam memaksimalkan produktivitas lahan pertanian warga.


    Pembangunan TPT berlokasi di area pesawahan Kp salabuanan tersebut diatas berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebab dengan adanya akses jalan pertanian yang baik dapat melancarkan aktivitas perekonomian, dan Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon positif dari warga, karena pembangunan ini hasil dari musyawarah desa jadi warga merasa senang kebutuhan mereka direalisasikan, semoga ini banyak membawa manfaat untuk kemakmuran warga,” pungkasnya.



    (Muhtar Bt) 

    Komentar

    Tampilkan