-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Kepala Dindikbud Pemalang Menyatakan 50 Desa di 13 Kecamatan Menjadi Sasaran Dalam Penyusunan Buku Profil Kebudayaan Desa

    Metronewstv.co.id
    Friday, May 31, 2024, 09:31 WIB Last Updated 2024-05-31T02:31:02Z

    Pemalang - Kepala bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suwarso melaporkan, bahwa kegiatan hari ini di laksanakan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam pelestarian budaya dan untuk mendorong pemangku kepentingan bersama masyarakat agar dapat mengenali potensi sumber daya budaya yang dapat dikembangkan serta dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.


    "Dalam hal ini adalah Kegiatan publikasi profil kebudayaan desa diikuti OPD terkait, 13 Kecamatan yang wilayah desanya menjadi sasaran profil Kebudayaan desa dan 50 desa sasaran profil Kebudayaan desa dengan narasumber Prof. Dr. Alamsyah, S. S., M. Hum. (Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro) dan Dr. Dra, Siti Maziyah, M. Hum. (Dosen pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro)" kata Suwarso.


    Sebagai informasi bahwa untuk menyebarluaskan data dan informasi tentang sumber daya budaya, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan publikasi profil kebudayaan desa di salah satu Hotel di Pemalang. Kamis (30/5/2024).


    Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Ismun Hadiyo mengatakan, bahwa pada tahun 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang bekerja sama dengan Universitas Diponegoro Semarang menyusun buku profil kebudayaan desa. 


    "Penyusunan buku tersebut bertujuan untuk menyediakan data dan informasi primer yang relevan dan valid sebagai upaya pendayagunaan data profil yang terarah untuk memberikan gambaran potensi umum, potensi, perkembangan Kebudayaan desa atau kelurahan juga menjadi refrensi pemutakhiran Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Daerah (PPKD), Pokok Pikiran Kebudayaan Desa (PPKDes) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)" ucap Ismun Hadiyo.


    "Dari 223 desa dan kelurahan, baru 50 desa yang menjadi sasaran dalam penyusunan buku tersebut, hal itu dikarenakan adanya penyesuaian kapasitas anggaran yang ada, sehingga kedepannya diharapkan dapat melanjutkan program penyusunan profil desa, dengan sasaran desa yang lain" sambungnya. 


    Pemerintah Kabupaten Pemalang sudah melakukan banyak hal dalam mewujudkan pemajuan Kebudayaan, beberapa diantaranya “ Grombyang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud Riset pada tahun 2021" serta “Tradisi Baritan Asemdoyong” ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia pada 2022, sedangkan pada 2023 pihaknya tengah mengusulkan ‘Sarung Goyor” dan “Boyong Kentong” Desa Penggarit untuk upaya dan Usaha dalam pencapaian selanjutnya", ungkap Ismun Hadiyo. 


    Upaya tersebut merupakan salah satu upaya perlindungan terhadap Kebudayaan, dan “Saat ini sedang dalam proses penilaian dan evaluasi oleh tim penilai pusat,” pungkas Ismun Hadiyo. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan