-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Gelar Karya P5 SMA Negeri 1 Padamara Purbalingga Jawa Tengah

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, May 21, 2024, 14:25 WIB Last Updated 2024-05-21T07:25:32Z

    Purbalingga - SMA Negeri 1 Padamara telah melaksanakan Gelar Karya projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan di kelas X dan Bhineka Tunggal Ika di kelas XI, dengan adanya projek penguatan profil pelajar pancasila ini ,peserta didik diharapkan memiliki karakter 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5)bernalar kritis, dan 6) kreatif.


    Gelar Karya projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk fase E / kelas X dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Mei 2024 dan sebelumnya sudah berjalan selama 3 minggu. Gelar Karya dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah Widi Purnama, S.Pd. dan dihadiri oleh beberapa sekolah yang berada di sekitar wilayah Padamara. Masing-masing kelas membuat stand dengan tema yang beraneka ragam seperti kelas XB dengan tema Halloween, XG dengan tema Jungle, dan kelas XH dengan Tema City Of Bottom. 


    Masing-masing kelas juga menunjukan hasil karyanya yang sudah mereka buat sendiri baik karya berupa ecoprint yang dijadikan sebagai sarung bantal, celemek, dan outers. Selain itu produk-produk dari daur ulang sampah seperti tempat sampah dari tutup botol, Asbak dari kresek, dan beraneka macam kerajinan dari sedotan bekas. Selama berlangsungnya projek ini, peserta didik khususnya kelas X juga diwajibkan untuk mengikuti gerakan Thumblerisasi dan Tlekemisasi, dengan harapan kedepannya ada perubahan diantara mereka dalam mengurangi sampah plastik di Lingkungan Sekolah.


    Sedangkan Gelar Karya projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema Bhineka Tunggal Ika fase F / kelas XI dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Mei 2024. Gelar karya dilaksanakan di Indoor SMAN 1 PAdamara.  Proyek ini sudah berlangsung selama 1 semester, di semester 2 yang dilaksanakan setiap hari Jumat. 


    Peserta didik terbagi menjadi 8 Pulau yang meliputi Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, Bali, Madura dan Jawa. masing-masing Pulau menunjukan penampilannya baik lagu daerah, tarian daerah, dan Pakaian Adat daerahnya masing-masing. Ditempat yang sama juga didirikan stand rumah adat masing-masing pulau dan diisi oleh berbagai makanan dan minuman  khas daerahnya. Bapak Ibu guru juga turut serta meramaikan gelar karya bhineka tunggal ika dengan menggunakan pakaian adat Nusantara, tujuannya adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia yang menjadi kekayaan budaya bangsa, demikian penjelasan dari Ibu Waka Kesiswaan Yanisa Yuni Alfiati, S.Pd.


    (Purwono)

    Komentar

    Tampilkan