-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Calon Kuat Bacawako Pekanbaru Endang Sukarelawan Anak Jati Melayu Ternyata Memiliki Segudang Pengalaman

    Metronewstv.co.id
    Monday, May 13, 2024, 16:23 WIB Last Updated 2024-05-13T09:23:45Z

    Pekanbaru - Siapa sangka Endang Sukarelawan yang akrab disapa Endang, dahulunya dikenal sebagai anak benteng pinggiran sungai Siak yang lahir di Siak Sri Indrapura pada 22 Juni 1964, merupakan anak Pertama dari pasangan Alm Soewinda Saiman dan Alm Hj. Nurbaini Hamid, sejak mahasiswa sudah aktif di salah partai dan organisasi kemasyarakatan.


    "Sebagai anak Melayu, maka pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah khususnya Walikota Pekanbaru, saya merasa terpanggil untuk ikut pada kontestasi pilkada kota Pekanbaru tahun 2024 ini. Artinya, saya sudah siap maju menuju Pekanbaru satu", ungkapnya.


    Saat ini, Endang Sukarelawan yang menjabat sebagai Sekretaris Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau(FKPMR) juga menyatakan diri untuk maju sebagai Bakal Calon Walikota Pekanbaru 2024 juga telah direstui oleh Sri Rahayu(istri) dan Ke-empat anaknya.


    "Selama saya banyak bergelut diorganisasi, saya pernah mengikuti pelatihan Kepemimpinan Organisasi Tingkat Utama (Tingkat Nasional) Pemuda Panca Marga di Jakarta, tahun 1992. Penataran P.4 Pola 45 Jam untuk Tokoh Pemuda/ TokohMasyarakat, tahun 1984,". Pungkasnya.


    Prinsip berorganisasi yang merupakan bagian hidupnya, Endang Sukarelawan juga memiliki hobby Traveling dan bela diri bahkan pengemar barang-barang antik, juga memiliki kepribadian yang cepat dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat.


    Pada dunia pendidikan, Endang Sukarelawan pernah bersekolah di SDN 8 Pekanbaru, namun saat memasuki SMP hingga SMA, Endang Sukarelawan ikut dengan Sang Paman H.Syarwan Hamid yang masa itu masih berpangkat MAYOR(TNI AD) hingga sampai Bintang Tiga(Letnan Jendral) serta menjadi Wakil Ketua DPR/MPR RI, dan Menteri Dalam Negeri dimasa Presiden.BJ.HABIBIE.


    Disisi lain, Endang Sukarelawan kembali melanjutkan jenjang pendidikan S-1 Universitas Lancang Kuning Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Negara, dan S-1 Universitas Wiraswasta Indonesia-Jakarta Fakultas Hukum, Program StudiIlmu Hukum, Konsentrasi Hukum Ekonomi serta Pendidikan Luar Negeri Kasetsart University, Thailand Food Safety and Food Security.


    Diklat Penyusunan APBD Berbasis Kinerja. PenyelenggaraDepartemen Dalam Negeri, tahun 2004. Workshop Legislative Performance – Optimalisasi Kinerja Terhadap Pelaksanaan Fungsi-Fungsi DPRD. Sempat pernah sebagai penyelenggara LP3HET Center Jakarta, tahun 2005. 


    "Jadi, dengan banyaknya pelatihan ataupun kursus yang saya ikuti, hal inilah yang menjadi ilmu pengetahuan serta pengalaman hidup bagi saya. Bahkan saya pernah berkunjung ke beberapa negara, yakni Negera Canada, dalam rangka Delegasi Promosi Perdagangan dan Investasi Daerah. Negara Jerman, dalam rangka studi banding – Delegasi Promosi Investasi Daerah", jelasnya.


    Ditambah lagi beberapa kunjungan ke negara Swiss, dalam rangka studi banding – Delegasi Promosi Investasi Daerah. Negara Belanda, dalam rangka studi banding – Penelusuran SejarahKerajaan Siak di Havard University. Negara Italia –Delegasi Promosi Daerah. Negara China dalam rangka studi banding–Delegasi Promosi Daerah. Negara Singapura dalam rangka Studi Banding–Kerjasama Perdagangan. Negara Malaysia dalam rangka studi banding–Kerjasama Perdagangan-Kebudayaan. Negara Dubai studi banding–Kunjungan Bisnis. Negara Hongkong Studi Banding–Kunjungan Bisnis serta negara Thailand dalam rangka Studi Banding–Pendidikan–Kunjungan Bisnis.


    "Dengan banyaknya saya berorganisasi, saya juga meraih beberapa penghargaan, seperti : The Best Exclusive SDM Biografi Karir Keutuhan Kesatuan Bangsa Tingkat Nasional tahun 2000-2001 dan Asean Best Excecutive Awards, Nusantara Media Center Tahun 2002", tambahnya.


     Segudang pengalaman berorganisasi dan kemasyarakatan, ada beberapa jabatan yang pernah disandang oleh Endang Sukarelawan, yaitu :


    1. Pendiri/Ketua Umum/Panglima DPP Laskar Bumi Melayu Indonesia, tahun 2016 s/d sekarang.2. Wakil Ketua I/Datuk Timbalan I Panglima Besar DPP Laskar Melayu Bersatu.3. Ketua APSINDO (Asosiasi Pemilik Senjata Bela Diri – Non Organik Indonesia) Provinsi Riau.4. Wakil Ketua I DPD Partai GOLKAR Provinsi Riau – Bidang OKK.5. Wakil Ketua II DPD Partai GOLKAR Provinsi Riau – Bidang Pemenangan Pemilu.6. Ketua DPD Partai GOLKAR Kabupaten Siak (2 Periode).7. Wakil Ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) Provinsi Riau.8. 


    Wakil Ketua Pemuda Panca Marga Provinsi Riau.9. Wakil Ketua Serikat Buruh Muslim Provinsi Riau.10. Ketua Dewan Penasehat Laskar Merah Putih Provinsi Riau.11. Pendiri/Ketua Dewan Penasehat Pagar Negeri Bumi Riau.12. Ketua Dewan Pembina DPD LSM Aliansi Indonesia Provinsi Riau.13. Presidium Pusat Peran Serta Masyarakat (LSM-PPM) Provinsi Riau.14. Dewan Penasehat Yayasan Islamic Center Kabupaten Siak.


    Ketua DPD AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Kota Pekanbaru.16. Bendahara DPD KNPI Kota Pekanbaru.17. Ketua Biro OKK DPD KOSGORO Provinsi Riau.18. Ketua Biro OKK DPW Matlaul Anwar Provinsi Riau.19. Pengurus KONI Kabupaten Siak masa bakti 2011-2015.


    Sebagai pengalaman masa kerja, Endang Sukarelawan yang banyak dikenal oleh kalangan masyarakat Riau pernah menjabat ;1. Sekretaris Komisi B DPRD Kotamadya Pekanbaru (Bid. Ekonomi – Keuangan) Tahun 1992-19972. Sekretaris Komisi B DPRD Provinsi Riau(Bid. Ekonomi) Tahun 1997-19993. Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau (Bid. Ekonomi) Tahun 1999-20044. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Tahun 2004-20095.


    Terkait hal itu pernah menjabat Komisaris Utama PT. Riau Prima Utama di Pekanbaru Tahun 2005-20086. Direktur Utama PT. Kharisma Pusaka Riau di Pekanbaru Tahun 2005-20107. Komisaris PT. Permodalan Siak (BUMD) Tahun 2011-2013.


    Bahkan saat ini aktif menjabat sebagai, 1. Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) periode 2019-2024.2. Ketua Komite Nasional Setia Indonesia (KNSI) Provinsi Riau periode 2021 – 20263. Ketua Lembaga Pengawas Penyelenggara Trias-Politika Republik Indonesia (LP2TRI)Provinsi Riau dan Kepri.


    "Dalam pergaulan hidup, Saya bisa berkawan dengan semua lapisan masyarakat, bahkan saya tidak memandang suku ataupun golongan. Mengenai adanya hambatan ataupun tantangan, hal ini tidak menjadikan saya loyo, bahkan tantangan tersebut menjadi ujian dan hikmah bagi saya, bahkan saya pernah mengikuti seminar dan lokakarya, antara lain, Dialog Nasional Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, di Istana Negara tahun 2002 dan Studi Pembangunan Regional se-Sumatera,” tutup, Endang Sukarelawan.


    (Mulyadi)

    Komentar

    Tampilkan