-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    PWI Minut Resmi di Lantik Ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara Vouke Lontaan

    Admin
    Wednesday, April 3, 2024, 11:42 WIB Last Updated 2024-04-03T04:42:16Z

    Minahasa Utara,- Ketua  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara Melantik Pengurus PWI Kabupaten Minahasa Utara  periode 2024-2027 di Momen Hari Pers Nasional Selasa (2/4/2024) siang yang digelar  di JG Center.


    Vouke Lontaan mengingatkan peran dan fungsi Pers dalam menjalankan tugas.

    “Saya tegaskan, wartawan bukan penyidik tapi mendidik, untuk itu  Wartawan bertugas sesuai dengan kode etik Pers " Terang Lontaan saat memberi sambutan.


    Selain itu, ia juga mengingatkan perihal fungsi kontrol jurnalis dalam menjalankan tugas.

    “Pers memiliki peran sentral dalam menjembatani informasi dari pemerintah ke masyarakat, atau sebaliknya,” ujarnya.


    Di sisi lain, ia juga membeberkan jika saat ini ada lebih dari 800 kuli tinta di Sulut yang tergabung dalam organisasi PWI.

    “Dari total anggota yang tercatat, sudah lebih dari tujuh puluh persen telah lulus UKW (Uji Kompetensi Wartawan),” ungkapnya


    Lanjut dia, UKW sangat penting bagi jurnalis karena selain meningkatkan Kompetensi dalam menulis berita agar seimbang dan jangan sampai ada ada wartawan tapi tidak mengetahui metode berita 5 w +1 H, nah itu gawat. Ungkapnya



    Vouke Mengharapkan agar seluruh PWI di kabupaten Minahasa Utara mengikuti UKW agar semakin profesional dan bermartabat serta kode etik jurnalis menjadi pedoman utama dan tak lupa Mengucapkan Selamat kepada Pengurus yang baru dilantik.


    Bupati Joune JE Ganda melalui Kepala Dinas Kominfo Minut, Robby Parengkuan, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.


    Di samping itu juga ia mengingatkan peran pers dalam menyampaikan informasi.

    “Informasi yang disampaikan haruslah benar-benar sesuai fakta di lapangan. Harus di-cross ceck kebenaran informasi, baru dipublikasikan,” pintanya.


    Kemudian, di momen HPN ini, ia berharap Pers menjadi dewasa serta bisa menjawab kebutuhan akan Informasi publik. Selain itu, tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi.

    “Kemudian, menjadi rumah bersama, untuk menjernihkan informasi, dengan menyampaikan fakta-fakta apa adanya, dan bukan mengada-ada,” harapnya.

    “Menyampaikan fakta-fakta, bukan mengabarkan asumsi-asumsi dan opini, yang seolah-olah ada dan benar,” kuncinya.


    Berikut nama-nama Pengurus PWI Kabupaten Minut:

    Ketua: Raymond Wowor

    Sekretaris: Swedy Pongoh

    Bendahara: Rommy A. Rorong


    Focus Group Discusion (FGD) jadi rangkaian kegiatan dalam pelantikan dengan tema peran Wartawan di Masyarakat.


    Terlihat Hadir Forkopimda, Kadis Kominfo mewakili Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Sejumlah Kepala Sekolah SD dan SMP serta Hukum tua. (TEVRI)

    Komentar

    Tampilkan