-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Komandan Lanal Nias Bersama Wabup Nisel, Menyampaikan Belasungkawa Kepada Keluarga Besar Korban (Alm IST) Serta Mengkawal Sampai Tuntas Peristiwa Permasalah ini. Berikut Penjelasanya

    Admin
    Monday, April 1, 2024, 18:39 WIB Last Updated 2024-04-02T11:23:43Z

    NIAS SELATAN – Komandan Lanal Nias bersama Wakil bupati Nias Selatan, berkunjung di rumah korban Alm Iwan Sutrisman Telumbanua (Calon Siswa Bintara TNI Angkatan Laut (TNI-AL), yang telah dibunuh oleh Oknum Polisi Militer (PM), Serda Adan Arya Marsel bersama dengan rekan nya, pada tanggal 24 Desember 2022 yang lalu. dirumah korban/lolomanu desa orahili Gomo, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Senin 01 April 2024. 


    Kedatang Lanal Nias dan Wakil Bupati Nias Selatan di rumah korban, untuk menyampaikan turut berdukacita sedalam-dalamnya kepada keluarga korban, atas tragedi yang dilakukan oleh Oknum Polisi Militer (PM) Serda Adan Arya Marsel.

    Firman Giawa, SH., MH.,  Wakil Bupati Nias Selatan, menyampaikan bahwa kedatangan kami hari ini, untuk menyampaikan turut berdukacita kepada keluarga korban. Tentu tragedis atau kematian Alm Iwan Sutrisman Telumbanua, secara pribadi sangat sakit dan tak bisa diterima oleh batin, apa lagi dengan keluarga. Namun dengan hal itu, kita serahkan sepenuhnya kepada komandan Lanal Nias untuk memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pelaku, dimana sesuai kornologis kejadian yang dilakukan oleh Oknum PM  Serdan  AAM terhadap korban adalah pembuhunan berencana, maka dikenakan pasal-pasal berlapis, terutama dalam Pasal 340 KUHP dan belum lagi persoalan penipuan harta keluarga korban. Ungkap Wabup Nisel.


    Selanjutnya Wakil Bupati Nias Selatan menambahkan bahwa, jangan kita berlarut-larut dalam kesedihan karna biarpun Alm Iwan Sutrisman Telumbanua, tidak bisa kembali lagi. Tetap mari kita bersama-sama untuk mengawal kasus ini, sampai ada titik terang dan cepat diproses oleh hukum. Seterusnya sesuai informasi yang kita dapatkan bahwa ada penemuan mayat pada akhir tahun 2022 di daerah Talawi Sawahlunto, Padang, Sumatera Barat, sudah sampai 95% bahwa bukti-bukti kehilangan Alm Iwan Sutrisman Telumbanua sama dengan penemuan mayat tersebut. Tentu kita berharap/Berdoa, agar Jenazah Alm Iwan Sutrisman Telumbanua ditemukan oleh penyidik bersama keluarga untuk dibawa kenias, agar dimakamkan di kampung sendiri. Harap Wabup Nisel kepada Lanal Nias. 

    Selain itu juga, Firman Giawa, SH.,MH, Wakil Bupati Nias Selatan, menegaskan bahwa kedatangan kami bersama komandan Lanal bukan hanya sekedar turut berduka cita, tetapi kami juga mengkonfirmasikan dan mengklarifikasi kepada keluarga korban, bahwa pihak Lanal Nias akan bertangungjawab penuh dan sudah siap menanggung kesiapan-kesiapan keberangkatan Keluarga menuju ke padang, untuk melihat/menelusuri Jenazah Korban, baik keberangkatan mau pun balik kenias, dan siap pendamping keluarga dalam persidangan. Sehingga jangan sampai ada pihak ketiga, mengatasnamakan keluarga untuk meminta ini dan itu atas kepergian Alm Iwan Sutrisman Telumbanua. Tegas Wabup Nisel


    Ditempat yang sama, Firman Telumbanua alias Ama Memo (Sekcam Idanotae) dan juga (Paman Korban) mewakili keluarga duka, Menyampaikan terimakasih banyak sebesar-besar nya, kepada bapak Komandan Lanal Nias dan Bapak Wakil Bupati Nias Selatan, serta rombongan atas kedatangan nya kepada kami sebagai keluarga besar korban. Tentu kami dari keluarga besar korba tiada balasan dari kami, kiranya Tuhan yang selalu memberkati kita bersama. Ucap mewakili keluarga besar korban. 


    Selanjutnya, Ama Memo Telumbanua, bahwa walupun Jenazah anak kami Alm Iwan Sutrisman Telumbanua belum sampai dirumah, namun kami masih menyelimuti rasa duka sedalam-dalamnya, dimana manusia pergi/meninggal memang hal biasa dari kekuasaan Tuhan. Tetapi anak kami ini pergi selamanya sungguh sangat luar biasa, karna kepergian nya di buang di jurang begitu saja dan ditutupi dengan rencana-rencana yang dilakukan oleh Oknum PM  Serdan  AAM. Tentu kami sadari sebagai keluarga korban bahwa bukan Lanal Nias yang salah tetapi Oknum nya yang salah. Tentu dengan masalah ini yang terjadi di keluarga kami saat ini, kami tidak sanggup dengan sendiri. Oleh sebab itu kami serahkan sepenuhnya kepada Komandan Lanal Nias untuk mengungkap dan menyelesaikan masalah ini yang kami hadapi. Ungkap Ama Memo Telumbanua Keluarga Korba. 

    Keluarga Besar Korban, Ama Memo Telumbanua, mengharapkan ;

    1. kiranya Jenazah itu yang tidak ada indentitasnya yang kami dengar di Sumatara Barat/Padang benar ada, maka kami mohon sebesar-besarnya, supaya bagimana upaya dan kerja keras Komandan Lanal, untuk mencocokan bukti-bukti atas kehilangan Alm IST dan penemuan mayat itu di padang, jika benar anak kami Alm Iwan Sutrisman Telumanua, kami memohon agar di pulangkan kenias biar pun hanya tulang/tengkorak. 


    2. Bagi oknum pelaku agar dihukum seberat-baratnya sesuai dengan perbuatanya dan juga ketentuan-ketentuan pasal-pasal hukum yang ada di indonesia ini, itulah harapan kami sebagai keluarga korban agar dikemudian hari tidak ada lagi korban seperti yang kami alami saat ini. 


    3. Harta kekayaan orang tua korban, agar dikembalikan kepada keluarga kami atau kepada orang tuanya. Masa nyawa anak kami hilang tapi pelaku masih merampas harta keluarga korban. 


    4. Kalau Alm Iwan Sutrisman Telumbanua sudah berlalu dan tidak kembali lagi kepada kami, maka kami mengharpakan agar dibuka kesempatan/peluang bagi anak-anak kami keluarga besar korban, untuk mendaftar Sebagai Calon Siswa Bintara TNI Angkatan Laut (TNI-AL), sehingga kedepan jika anak-anak kami sukses/lolos tidak akan teringat lagi dengan masalah ini yang kami hadapi oleh keluarga besar korban, 


    5. Nantinya dalam persidangan hakum, kami mengharpakan kepada Komandan Lanal Nias agar di buka secara umum. Harap Ama Memo Telaumbanua kepada Komandan Lanal Nias. 


    Wishnu, Komandan Lanal Nias menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas peristiwa kepergian anak kita Alm Iwan Sutrisman Telumbanua, secara pribadi sebagai orang tua, mempunyai anak dan memuliahkan harapan yang cerah untuk anak. Saya tidak bisa menahan kesedihan yang di alami oleh keluarga besar korban. Ucap Komandan Lanal Nias Kepada Korban. 

    Selanjutnya Wishnu Komandan Lanal Nias, pertama setalah kami menerima laporan pada hari rabu tanggal 27 Maret 2024 di kantor kami, yang di Terima langsung oleh komanda Mako Lanal Nias. dan langsung saya perintahkan diperiksa dan menahan Oknum Angkatan Laut Serda Adan Arya Marsel ini,  dan sekarang sudah ditetapkan sebagai tersangka, karna hasil dari pemeriksa mariton kami sesuai laporan, besoknya, pelaku sudah mengakui dan begitu kami dapatkan pengakuanya, langsung kami kordinasi kepada pimpinan diatas, TPKpnya dimana sesuai dengan laporan, dan langsung di perintahkan kami terbang melelalui Susiair kepadang, sampai dipadang sore hari, langsung diperiksa dan malamnya menangkap rekan Serda Adan Arya Marsel seorang warga sipil. Jelas Komendan Lanal Nias. 


    Dan sekarang sedang di dalami oleh penyidik lidpam Pom Lantamal II Padang apakah ada motif yang lain, atau bagimana sedang di dalami. Termasuk uang yang diserahkan kepada AAM dikemanakan dan diselidiki. Sehingga kami juga mengharapkan agar kita sama-sama berdoa, agar semua masalah ini cepat dan lancar, sehingga uang yang di minta-minta pelaku selama ini terhadap keluarga korban, agar dikembalikan kepada yang bersangkutan/Korban. 

    Mengenai proses hukum selanjutnya, maka secara pribadi saya menjamin proses selanjutnya, sesuai dengan tuntutan yaitu hukuman seberat-beratnya, karna masalah ini, benar-benar mencoreng nama baik TNI secara Umum dan secara Khusus Nama Baik Angkatan Laut dan baru ada kejadian seperti ini. Tentu kami sebagai komandan Lanal Nias tidak melindungi oknum yang melakukan perbuatan jahat, dan kami siap mengawal sampai tuntas permasalah ini, dan juga kami siap mengfasilitasi keluarga untuk mempulangkan  Jenazah alm Iwan Sutrisman Telumbanua kenias, apa bila sesuai dengan bukti-bukti yang ada, Tegas Komandan Lanal Nias Kepada Kelurga Korban. 


    Selanjutnya, Komandan Lanal Nias menambahkan apa bila fasilitas yang digunakan, baik untuk mengali penemuan Jenazah itu, maka kami siap mengfasilitas sampai kepulau Nias, sehingga jenazah Alm IST mendapatkan kehormatan yang layak dimakamkan sesuai dengan adat keluarga dan apa yang menjadi harapan dan tuntutan keluarga besar korban maka kami akan siap uangkap. Tegas Wishnu Komandan Lanal Nias. 


    Turut hadir, seluruh keluarga besar korban, Anggota Koramil 11 Gomo, Anggota Polsek Gomo, Masyarakat Gomo dan Sekitarnya, Pers. 


    (FT) 


    Komentar

    Tampilkan