-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Upaya Pemkab Pemalang Melakukan Pengendalian Harga, Salah Satunya Melalui Kegiatan Pasar Murah

    Thursday, March 28, 2024, 09:37 WIB Last Updated 2024-03-28T02:37:46Z


    Pemalang
    , - Kepala Diskoperindag Kabupaten Pemalang Fera Joko Susanto menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan "Pasar Murah" untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan barang bahan pokok menjelang Idul Fitri.


    “Pada tahap ke tiga ini Pasar Murah diadakan di Desa Pedurungan dengan jumlah sebanyak 1000 paket sembako, yang terdiri dari beras, minyak goreng dan gula pasir,” ujar Fera Joko Susanto. 


    "Perlu kita ketahui bersama bahwa Pasar Murah tahap I dan II sebelumnya telah diadakan di Desa Plakaran Kecamatan Moga dan Desa Karanganyar Kecamatan Bantarbolang", pungkas Fera Joko Susanto. 



    Dalam kesempatan tersebut Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T membuka Pasar Murah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Desa Pedurungan, Kecamatan Taman, Rabu (27/03/2024).


    Mansur Hidayat menambahkan, bahwa menjelang Idul Fitri biasanya terjadi kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok akibat terjadi kenaikan permintaan.


    “Sebagaimana yang biasa terjadi, dalam momentum memasuki Ramadan dan menjelang Idul Fitri, harga-harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging, sayur-mayur dan lainnya cenderung mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” terang Mansur Hidayat. 


    “Hal ini disebabkan antara lain karena tingginya permintaan dari masyarakat, dan efek psikologis dari para pedagang yang menaikkan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri,” sambungnya lagi. 


    Menurut Mansur Hidayat Kenaikan harga tersebut dapat memberatkan masyarakat, oleh karena itulah pihaknya berupaya melakukan pengendalian harga, salah satunya melalui pasar murah.


    “Kenaikan harga tersebut tantu saja sangat memberatkan bagi masyarakat. Hal ini masih ditambah lagi dengan adanya dugaan kemungkinan terjadinya penimbunan barang kebutuhan pokok oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang menyebabkan terjadinya kelangkaan terhadap sebagian barang kebutuhan pokok di masyarakat,” kata Mansur Hidayat. 


    “Menyikapi adanya fenomena tersebut, Pemerintah Kabupaten Pemalang secara rutin, setiap tahun menyelenggarakan program Pasar Murah, yang merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh barang kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri, sekaligus sebagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga serta mempersempit kemungkinan adanya penimbunan barang kebutuhan pokok,” pungkas Mansur Hidayat. 


    (Eko B Art/Sartel)

    Komentar

    Tampilkan