-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Ucapan Terima Kasi Masyarakat Deli Serdang Kepada Kadinkes Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan,Yang Telah Memberikan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat

    Metronewstv.co.id
    Thursday, March 21, 2024, 12:03 WIB Last Updated 2024-03-21T05:03:56Z

    Deli Serdang - Kesehatan faktor utama dalam kehidupan kita dan selalu jaga kondisi tubuh agar tetap bisa menjalankan Aktivitas sehari-hari. Sementara Kesehatan itu terganggu kepada masyarakat yang memiliki taraf ekonomi menengah ke bawah, tentu saja hal itu akan menjadi polemik bagi masyarakat tersebut.


    Dari hal seperti inilah, Pemerintah Indonesia membuat program-program tentang kesehatan agar masyarakat mendapatkan hak kesehatannya secara gratis yang dikelola pemerintah melalui anggaran negara baik itu anggaran dari pemerintah pusat atau anggaran yang dikelola pemerintah daerah menggunakan anggaran daerah Kabupaten/Kota itu sendiri. 


    Dengan di lakukan kegiatan ini, tentu saja pemerintah berharap dapat memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan secara gratis.


    Hal seperti ini yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang  melalui Dinas Kesehatan yang telah Melaunching pengobatan gratis rawat jalan dan penyerahan ratusan kartu jaminan kesehatan gratis kepada masyarakatnya yang memiliki taraf penghasilan ekonominya ke bawah yang ada di Deli Serdang.


    Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Deli Serdang, dr Asri Luddin Tambunan M.Ked(PD)SpPD, KGEH, FINASIM, saat disambangi rekan-rekan media di kantornya rabu 20 maret 2023 , menjelaskan bahwa pihaknya telah membagikan ratusan Kartu JKN-PBI (KIS) dan saat ini Dinas Kesehatan Deli Serdang lagi menjalankan program pengobatan secara gratis di setiap Kecamatan yang ada Puskesmas Pembantu (Pustu).


    " Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah melaunching pengobatan gratis rawat jalan dan penyerahan ratusan Kartu JKN - PBI (KIS) dari APBD Deli Serdang di dua Pustu yakni di Desa Serdang Kecamatan Beringin dan di Jalan Muspika Kecamatan Batang Kuis, pada Kamis (14/3/2024) yang lalu ", ujar Kadis Kesehatan.


    Masih menurut dr. Aci sapaan akrab dr. Asri Luddin Tambunan menambahkan saat kegiatan tersebut dihadiri masing masing Kepala Puskesmas (Kapus) yakni Kapus Araskabu drg Soli Natalia Tambunan dan Kapus Batang Kuis Dr Lenni Estiani ketika Kadis Kesehatan lakukan kunjungan kerjanya di dua Kecamatan tersebut, juga terlihat dokter bidan serta para perawat dan seratusan penerima manfaat Kartu BPJS.


    " Di Kecamatan Beringin kegiatan selain pemberian pengobatan gratis rawat jalan, dan pemberian Kartu JKN - PBI (KIS) Kesehatan dari APBD kepada warga yang telah terdata ada sekitar 6 Desa se-Kecamatan Beringin bagi warga Deli Serdang yang mempunyai KTP Deli Serdang,” kata dr Aci".


    Dijelaskannya, launching ini merupakan program Dinas Kesehatan Deli Serdang dengan harapan agar semua warga Deli Serdang dapat terlayani kesehatan dengan baik, Dalam pemeriksaan berobat gratis yang digelar oleh Puskesmas Batang Kuis ini antara lain, cek gula darah, tensi darah, serta pemeriksaan USG bagi wanita hamil.


    Dalam lawatan kunjungan kerjanya di dua Kecamatan tersebut, Kadis Kesehatan berkesempatan memberikan edukasi ke masyarakat begitu berartinya kesehatan bagi mereka.


    Semoga dengan program berobat gratis rawat jalan di seluruh puskesmas Kabupaten Deli Serdang membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan akses pelayanan kesehatan sehingga proses deteksi dini dan penanganan penyakit bisa lebih awal dilakukan sehingga tidak menjadi lebih berat di masa depan yang akhirnya membuat masyarakat lebih Sehat kedepannya.


    Sejak awal kita bisa lakukan intervensi, sehingga kita bisa meminimalisir keluhannya dari awal. Jangan sudah gak bisa jalan, sudah telentang baru diobati,” ucapnya lagi.


    Dengan kegiatan ini, nantinya ia akan datang ke tempat -tempat yang tidak terjangkau agar semua warga yang ber KTP Deli Serdang dapat memeriksakan kesehatannya, hal ini bertujuan. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih sejahtera dan terlayani kesehatannya tanpa memikirkan biaya perobatan dan mendapatkan jaminan kesehatan gratis.


    Dari awal, kita selaku Pemkab Deli Serdang telah memfasilitasi agar semua warga dapat hidup sehat, tentang kartu sehat ini ada tiga produk yang mengeluarkannya. Pertama dari Kementerian Kesehatan. Kedua dari Provinsi Sumut dan yang ketiga dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Artinya, pada kartu yang ada logo Deli Serdang, Pemkab Deli Serdang masih berdiri, kartu ini akan aktif,” ungkapnya.


    Dalam laporannya ada 477 Kartu JKN-PBI (KIS) yang dibagikan Dinas Kesehatan Deli Serdang, yang bertujuan untuk memberi layanan atau perobatan secara gratis kepada warga Deli serdang khususnya di Kecamatan Beringin dan Batang Kuis.


    “Kami berharap kepada warga penerima dapat memanfaatkan kartu JKN - PBI (KIS) dan pengobatan gratis dari Dinas Kesehatan Deli Serdang dengan sebaik-baiknya", sebut dr Aci lagi.


    Pembagian Kartu JKN-PBI (KIS) dilakukan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan lebih kepada masyarakat miskin dan yang sangat memerlukan perobatan ke tingkat yang lebih tinggi, hal ini dilakukan karena keterbatasan anggaran kabupaten Deli Serdang.


    Semoga jaminan kesehatan ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat tanpa memikirkan biaya untuk berobat." tutup dr Aci.


    (Hartono)

    Komentar

    Tampilkan