-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Rumusan Rencana Visi Kabupaten Pemalang Untuk Masa 20 Tahun ke Depan, Terwujudnya Pemalang MULYA

    Thursday, March 28, 2024, 09:48 WIB Last Updated 2024-03-28T02:48:22Z


    Pemalang
    , - Kepala Bappeda Kabupaten Pemalang Moh. Sidik mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RPJPD Kabupaten Pemalang Tahun 2025-2045 Dan RKPD Kabupaten Pemalang Tahun 2025 diantaranya, mewujudkan pembangunan daerah yang terencana, partisipatif, akuntabel, transparan dan berkelanjutan.


    Kemudian juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang berkualitas dan merata.


    Selanjutnya mengenai peserta kegiatan hari ini bahwa peserta Musrenbang diikuti 200 orang yang terdiri dari jajaran birokrat Kabupaten Pemalang, Anggota DPRD, delegasi kecamatan, Ormas, LSM dan organisasi profesi, forum anak dan perwakilan perempuan, penyandang disabilitas, tokoh masyarakat dan tokoh agama, perguruan tinggi dan akademisi.


    "Adapun narasumber yaitu Ketua DPRD, Kepala Bappeda Provinsi Jateng dan Sekda Kabupaten Pemalang" pungkas Moh Sidik. 



    Masih dalam kesempatan yang sama Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T mengungkapkan bahwa tentang Visi pembangunan jangka panjang daerah Pemalang yaitu "MULYA" yang merupakan singkatan dari "Maju, Unggul, Lestari dan Berbudaya".


    “Berdasarkan hasil identifikasi permasalahan, isu strategis, serta harapan masyarakat, maka dirumuskan rencana Visi Kabupaten Pemalang untuk masa 20 tahun yang akan datang yaitu Terwujudnya Kabupaten Pemalang Mulya (Maju, Unggul, Lestari dan Berbudaya)” terang Mansur Hidayat saat membuka Musrenbang RPJPD Kabupaten Pemalang 2025-2045 dan RKPD 2025 di pendopo setempat, Rabu (27/03/2024).


    Menurut Mansur Hidayat "Visi Mulya diperoleh dari penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan melalui pengisian e-kuesioner", dari penjaringan tersebut didapatkan 10 besar harapan masyarakat terhadap Kabupaten Pemalang dalam 20 tahun mendatang.


    “Diperoleh hasil 10 besar harapan, yaitu maju, sejahtera, SDM berdaya saing, pemerataan pembangunan, mandiri, nyaman aman damai, berkelanjutan, anti KKN, religius dan pelayanan public yang baik,” sambung  Mansur Hidayat. 



    Proses penyusunan RPJPD dan RKPD antara lain dilakukan melalui pendekatan partisipatif dan bottom-up. “Oleh karena itu, diperlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui suatu forum yang disebut sebagai musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang,” ujar Mansur Hidayat. 


    “Upaya Selanjutnya dalam Musrenbang diharapkan tercapai kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang Rancangan RPJPD dan Rancangan RKPD untuk mencapai tujuan pembangunan di Kabupaten Pemalang,” tegasnya. 



    Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyebut sejumlah tantangan yang dihadapi dalam pembangunan. “Permasalahan pembangunan yang kita hadapi sekarang ini cukup kompleks, diantaranya adalah masalah kemiskinan, pengangguran, kualitas Sumber Daya Manusia, kerusakan lingkungan, serta infrastruktur,” jelas Mansur Hidayat. 


    “Selain itu tantangan pembangunan kedepan dihadapkan pada isu ketahanan pangan, demografi, Artificial Intelegence, digitalisasi, transformasi ekonomi berkelanjutan, infrastruktur berkelanjutan, mitigasi bencana, hingga pengaruh budaya luar yang negative,” papar Mansur Hidayat. 


    Sebelum menutup statemennya, Mansur Hidayat kembali menegaskan, bahwa harapannya atas pelaksanaan Musrenbang kali ini. Optimalisasi, efektif dan efisien menjadi kata kuncinya.


    “Besar harapan Saya agar prioritas kegiatan pembangunan yang menjadi kesepakatan dalam Musrenbang ini, mencerminkan upaya optimalisasi dalam mengakomodir perkembangan kebutuhan layanan kepada masyarakat, dengan mengedepankan asas efisiensi dan efektifitas,” pungkas Mansur Hidayat. 


    (Eko B Art/Sartel)

    Komentar

    Tampilkan