-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    PKBM Sanggar 21, Mari Bersama Sama Masyarakat Pemalang Membangun Kesadaran Pentingnya Pendidikan

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, March 5, 2024, 09:56 WIB Last Updated 2024-03-05T02:56:40Z

    Pemalang - PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) merupakan lembaga pendidikan nonformal yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan setara dengan pendidikan formal.


    Salah satu tujuan PKBM adalah untuk membantu masyarakat yang putus sekolah agar kembali bersekolah dan meningkatkan pendidikan mereka.


    Kami dari tim PKBM Sanggar 21, yang berlokasi Jalan Raya Jojogan SD Kampus RT 11/RW 03 Sidomulyo Jojogan Watukumpul - Pemalang, telah melaksanakan beberapa langkah yang dilakukan dalam mengembalikan masyarakat agar kembali bersekolah, hal tersebut disampaikan Andy Wisnu Saputra selaku Kepala PKBM Sanggar 21 Watukumpul di kantor tugasnya, Senin (4/03/2024). 


    Selanjutnya Andy WS menyampaikan bahwa dengan menyediakan program pendidikan yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti pendidikan kesetaraan, kursus keterampilan, dan pelatihan mulai dari tingkat dasar hingga menengah, tentu dengan beberapa konsentrasi kegiatan kegiatan tersebut agar bisa menarik minat kepada masyarakat kecamatan Watukumpul dalam membangun kesadaran arti pentingnya Pendidikan. 


    "Kami juga melakukan sosialisasi dan kampanye tentang pentingnya pendidikan bagi kemajuan individu dan masyarakat, karena apapun itu, kami sangat menyepakati dan setuju dengan langkah Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk menyelesaikan permasalahan Anak Tidak Sekolah (ATS) dan Anak Putus Sekolah (APS) agar bisa kembali bersemangat melanjutkan Pendidikannya sampai dengan jenjang Pendidikan dasar 12 Tahun atau bisa lulus berijazah SLTA sederajat" tegas Andy WS. 


    "Sebab kita patut prihatin bahwa angka Sekolah di kabupaten Pemalang hingga hari ini hanya berkisar pada poin 6,5, artinya Pendidikan rata rata masyarakat kabupaten Pemalang hanya lulus SD ditambah satu semester bersekolah di SMP" sambung Andy WS. 


    Maka dengan demikian kami dari PKBM Sanggar 21 juga turut menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai, termasuk ruang belajar, buku-buku pelajaran, modul dan peralatan pembelajaran lainnya.


    Pada beberapa kesempatan kami juga mengadakan program beasiswa atau bantuan keuangan bagi masyarakat yang kesulitan untuk membayar biaya pendidikan, sekalipun hal tersebut ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sesuai dengan kewajiban administrasi yang menjadi persyaratannya. 


    Kami berharap keterlibatan masyarakat kecamatan Watukumpul secara luas dalam kegiatan pendidikan di PKBM Sanggar 21, seperti pembinaan oleh para relawan dan kerjasama dengan pihak terkait dari mulai komunitas masyarakat, penggiat Pendidikan bahkan Media di lingkungan sekitar kecamatan Watukumpul. 


    Dengan berbagai upaya tersebut, PKBM Sanggar 21 diharapkan dapat membantu masyarakat yang putus sekolah agar kembali bersekolah dan meningkatkan taraf pendidikan mereka, agar kedepannya dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, meningkatkan kesejahteraan, dan berkontribusi positif bagi pembangunan Daerah dan Negara. 


    Dan tidak berhenti sampai disitu, bila secara signifikan PKBM seluruh kabupaten Pemalang berkomitmen dan turut bersama sama dalam mendukung program "Njuh Sekolah Maning" bukan tidak mungkin, indikator penambahan positif nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Pemalang akan merangkak bergerak naik, pungkas Andy WS. 


    (Eko B Art)

    Komentar

    Tampilkan