-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pesantren Pertama di Aceh yang Tidak Meliburkan Para Santri di Bulan Ramadhan

    Metronewstv.co.id
    Monday, March 18, 2024, 21:04 WIB Last Updated 2024-03-18T14:04:21Z

    Kabupaten Pidie Jaya - Terlepas dari perbedaan awal Ramadhan yang selalu terjadi dan bahkan sudah jadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh para santri yaitu pengumuman libur menyambut bulan suci Ramadhan. Senin (18/03/2024). 


    Tahun ini, Pondok Pesantren Darul Munawwarah Kuta Krueng, Kec. Bandar Dua, Kab. Pidie Jaya. Merupakan salah satu pesantren pertama di Aceh yang tidak meliburkan santri di sepuluh pertama Ramadhan.


    Demikian pula, Kali ini Pesantren Darul Munawwarah Kuta Krueng mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai macam kegiatan. Meskipun sebenarnya Ramadhan adalah bulan untuk liburan santri, namun faktanya berbagai macam aktivitas justru diadakan selama bulan suci ini.


    Tidak meliburkan para santri bukan tidak punya alasan, justru memiliki kegiatan yang sangat padat selama sepuluh awal Ramadhan. Sembari ujian yang dilaksanakan dalam Bulan Ramadhan, saat ini mereka juga melaksanakan target khataman Al-Qur'an.


    Melalui agenda ini, para santri bisa mendidik nurani dan membidik keagungan - keagungan yang terdapat pada bulan yang mulia ini.


    Tidak hanya santri yang memiliki banyak aktivitas selama Ramadhan. Para dewan guru-pun tak kalah sibuknya. 


    Dewan guru yang sekaligus mengawal santri dalam pencapaian hafalannya juga berpartisipasi dalam menyukseskan ujian semester genap yang diselenggara dalam bulan Ramadhan.


    Aktivitas padat selama bulan ini semakin terasa marak dan indah ketika seluruh santri dan guru tidak melupakan ibadah pokok selama Ramadhan, seperti tarawih, tilawah al-Qur’an, i’tikaf, dsb.


    Dinamika kegiatan seperti ini berlaku baik putra maupun putri.


    Andi Fazil ( Mahasantri Aktif Darul Munawwarah dan Alumni Jurnalistik Dinas Dayah Aceh Tahun 2021).


    (Fadly P.B)

    Komentar

    Tampilkan