-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Gakkumdu Bahas Kasus Penggelembungan Suara DPD di Pidie

    Sunday, March 17, 2024, 09:46 WIB Last Updated 2024-03-17T02:46:41Z


    Banda Aceh
    , -  Kasus penggelembungan suara DPD RI yang terjadi di kabupaten Pidie kini ditangani oleh tim Gakkumdu atau Sentra Penegakan Hukum Terpadu.


    Kasus ini sebelumnya dilaporkan oleh sejumlah Caleg DPD RI kepada Bawaslu Aceh beberapa waktu lalu. Terbukti, ketika dilakukan perhitungan ulang suara DPD RI di Pidie, perolehan suara salah satu calon DPD RI, merosot drastic hingga akhirnya terlepas ke posisi 10 yang sebelumnya masuk 3 besar.


    “Kalau tak salah, Senin besok dibahas di Gakkumdu Pidie karena kami sudah limpahkan ke Sigli,” ujar anggota Bawaslu Aceh, Safwani, Sabtu 16 Maret 2024.


    Sebagaimana yang perlu diketahui, sentra Penegakan Hukum Terpadu selanjutnya disebut Gakkumdu adalah pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana Pemilu yang terdiri dari unsur Badan Pengawas Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, dan/atau Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan anggota Kejaksaan Agung.


    Terkait hal ini, anggota DPD RI asal Aceh yang juga Caleg DPD RI di Pileg 2024, HM Fadhil Rahmi Lc MAg atau akrab disapa Syech Fadhil, mengaku memberi atensi atas penanganan kasus penggelembungan suara DPD RI oleh Bawaslu Aceh.


    “Kita sangat berharap kasus ini bisa ditangani dengan serius oleh Bawaslu Aceh dan Gakkumdu Pidie,” ujar Syech Fadhil.


    “Saat ini, perhatian masyarakat Aceh sangat besar terkait kasus ini. Salah satu cara penegak hukum mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggaran pemilu adalah dengan mengusut tuntas hal ini.” 


    “Pilkada Aceh di depan mata, jangan sampai kepercayaan masyarakat Aceh hilang hingga akhirnya partisipasi pemilih di pilkada turun karena ketidakpercayaan masyarakat kepada penyelenggara,” kata sahabat Ustadz Abdul Somad ini lagi.


    (Fadly P.B/saron)

    Komentar

    Tampilkan