-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Bupati Pasaman Barat: Dengan Pesantren Ramadhan Dekatkan Siswa Ke Mesjid

    Metronewstv.co.id
    Saturday, March 9, 2024, 14:41 WIB Last Updated 2024-03-09T07:41:48Z

    Pasaman Barat - InsyaAllah  Proses Belajar Mengajar (PBM) SD dan SMP di Kabupaten Pasaman Barat selama bulan Ramadhan 1445 H akan dilaksanakan pada mesjid terdekat dari sekolah. Hal ini  dilaksanakan dlm rangka menindak arahan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi kepada Dinas Pendidikan. Kadisdik menyampaikan pesan Bupati bahwa  kegiatan  dilaksanakan dimesjid terdekat dimaksudkan agar siswa terbiasa ke mesjid, terbiasa berjamaah dan mencintai mesjid, sehingga diharapkan diluar ramadhan siswa juga akan tetap rajin ke mesjid. 


    Menindak lanjuti rapat kordinasi forum Kadisdik kab kota di padang pada tanggal 04 maret 2024 lalu, Disdik Pasbar bersama kabid dan kasi sd/ smp melaksanakan rapat bersama yang melibatkan k3s sd, mkks smp dan agpaii pasbar.  Hasil rapat menyepakati bahwa pelaksanaan pesantren ramadhan dijadwalkan berlangsung tanggal 18 maret sd 04 april 2024 dan dilaksanakan 5 hari dalam seminggu, yakni pada hari Senin, selasa, rabu, kamis dan sabtu. Sementara jam pelaksanaan pesantren  tingkat sd jam 07.30 sampai jam 10.00 dan smp jam 10.30 sampai wkt  sholat zuhur berjamaah. 


    Menurut Kadisdik agusli yg ditemui di ktrnya bersama kabid smp samsul bahri  dan kasi kurikulm smp Rizana pada hari jumat 08 maret 2024, materi yg akan disajikan pada kegiatan pesantren ramadhan difokuskan pada materi pemantapan praktek ibadah pada siswa sd dan smp dengan proporsi 70 persen praktek dan 30% teori.


    Materi pesantren yg akan disajikan berupa praktek berwudhu, praktek sholat wajib dan sunat,  rukun dan syarat puasa, zakat, praktek penyelenggaraan jenazah,  praktek khutbah jumat untuk siswa smp dan penyampaian sejarah perjuangan nabi Muhammad saw.  Setiap harinya kegiatan pesantren ramadhan akan diawali sholat duha bersama dan tahfiz Al Qur'an selama 30 menit.


    Selain bimbingan penuh para guru agama dan guru umum, kita berharap kegiatan pesantren ramadhan ini didukung oleh semua pihak, seperti pihak kecamatan,  pihak nagari, jorong dan pengurus mesjid. Selanjutnya tentu sangat diharapkan peran  bantuan orang tua siswa untuk mengingatkan anaknya agar mereka mengikuti pesantren ramadhan sesuai jadwal.


    Semoga bulan ramadhan ini dapat kita semarakkan,  kita penuhi dg ibadah, kita isi dengan kegiatan2 positif dan tentu bermanfaat, sehingga akan dapat membimbing kita menjadi hudallil muttaqiin, begitu tutup agusli.


    (Tanjung)

    Komentar

    Tampilkan