-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Acara Tradisi Balimau Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Soko Mangkuto Alam dan Soko Pado Api di Tinggam Berjalan Meriah

    Metronewstv.co.id
    Monday, March 11, 2024, 22:31 WIB Last Updated 2024-03-11T15:31:11Z

    Pasaman Barat - Bulan suci Ramadhan sudah di depan pintu semua umat muslim di Sumatera Barat khususnya suku Minang sebelum memasuki bulan suci Ramadhan selalu mengadakan tradisi Balimau.


    Balimau adalah suatu tradisi yang selalu diadakan menjelang memasuki bulan suci Ramadhan.


    Senin (11/03/2024) acara balimau juga dilaksanakan di rumah gadang Soko Datuak Pado Api di kampung baru kejorongan tinggam harapan kenagarian sinuruik kecamatan talamau kabupaten Pasaman Barat provinsi Sumatra Barat.


    Ketika kami konfirmasi pada seorang mamak Soko dari suku tanjung yaitu Aliwarman Dt Pado Api beliau memaparkan "acara Balimau ini selalu di laksanakan dua kali setahun yang pertama dilaksanakan pada memasuki bulan suci Ramadhan dan yang kedua di adakan ketika mau melaksanakan sholat Aidil Fitri, proses Balimau awal mulanya semua orang berkumpul dirumah godang mulai dari penghulu,Ninik mamak, mamak, kemenakan, Bundo kandung, cadiak pandai, suluah Bendang dalam nagari dan rang sumando dan dalam proses Balimau ini di awali dengan duduak Basamo di rumah gadang dan melakukan prosesi adat dan sebelum prosesi adat di mulai kaum ibuk membunyikan cenang yang salah satu tanda akan acara di rumah gadang akan di selenggarakan.


    Setelah prosesi adat di laksanakan maka semua cucu kemenakan membawa mamak Soko sekalian Ninik Jo mamak ke labuah nan panjang tapian nan rami untuk melakukan Balimau di lakukan"paparannya.


    Kegiatan Balimau ini selalu di laksanakan dengan meriah ,anak anak atau cucu kemenakan merayakan Balimau dengan memakai baju baru dan acara Balimau ini adalah suatu tradisi yang selalu dilestarikan sesuai dengan kata adatnya DARI NINIAK TURUN KA MAMAK, DARI MAMAK TURUN KAMI, Adat YANG NDAK LAPUK DEK HUJAN NDAK LOKANG DEK PANEH, ini adalah simbul adat istiadat yang harus di pertahankan di ranah Minang khususnya di Soko Datuak Pado Api tinggam Mudiak.


    Kami sangat bangga sebagai anak Soko dan kami akan menjaga kebudayaan kami sampai akhir hayat kami uangkapan oleh salah seorang anak Soko Datuak Pado Api  yang bernama adirman tanjung.


    (Tanjung)

    Komentar

    Tampilkan