-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Tiga Tahun Kepemimpinan Suhatri Bur - Rahmang, Insan Pers dan Media Bagian Tidak Terpisahkan Dalam Membangun Daerah

    Metronewstv.co.id
    Thursday, February 29, 2024, 16:30 WIB Last Updated 2024-02-29T09:30:44Z

    Painan - 3 (tiga) tahun kepemimpinan Suhatri Bur - Rahmang, diperingati bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional tahun 2024. Berkaitan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar kunjungan Jurnalistik berlokasi di Kawasan Pantai Carocok, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan. Rabu 28/2/2024


    Kunjungan jurnalistik ini melibatkan beberapa Kepala Perangkat Daerah dan rekan-rekan awak media yang bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.Suhatri Bur saat didampingi oleh Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis disambut langsung oleh Asisten II Setdakab Pesisir Selatan Mimi Rianty Zainul dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Selatan Wendi.


    Dalam sambutannya, Bupati Suhatri Bur mengungkapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Katanya, momen 3 (tiga) tahun kepemimpinan Suhatri Bur - Rahmang terasa istimewa karena melibatkan awak media yang selama ini bermitra dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

    "Sebelumnya, Kami mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024. HPN kali ini mengusung tema 'Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa', selaras dengan pelaksanaan pesta demokrasi dalam suasana pemilu 2024," ungkapnya.


    Lebih lanjut, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,SE MM yang akrab disapa Aciak ini mengajak insan Pers untuk terus menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dengan masyarakat. menginformasikan berita-berita positif, berimbang, dan aktual,serta bisa di percaya, dan juga berita tentang pembangunan Kabupaten Padang Pariaman.


    "Peran aktif  para rekan-rekan media merupakan bagian tidak terpisahkan dalam sistem Pemerintahan, yakni menginformasikan, mensosialisasikan,  menyebarluaskan informasi dan program-program Pemerintah Daerah kepada masyarakat," terangnya.


    Dikesempatan itu, Bupati Suhatri Bur juga berkesempatan memaparkan capaian perjalanan selama 3 (tiga) tahun kepemimpinan Suhatri Bur - Rahmang.Padang Pariaman 2023 pada laju pertumbuhan penduduk yang mengalami penurunan.hal ini mencerminkan kebijakan efektif dalam mengelola populasi.


    “Pada tahun 2020, laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,94%, yang kemudian turun menjadi 1,74% tahun 2021, 1,73% tahun 2022, dan tetap pada angka tersebut pada tahun 2023,” jelas Suhatri Bur, kepada awak media. 


    Sedangkan data statistik Padang Pariaman 2023 menyangkut Usia Harapan Hidup (AHH), mengalami kenaikan yang signifikan. Tahun 2020, AHH mencapai 68,79 tahun, lalu naik menjadi 68,97 tahun di tahun 2021, dan 69,34 tahun pada tahun 2022.


    “Alhamdulillah, tahun 2023 naik lagi ke angka 69,70 tahun,” sambung Suhatri Bur yang didampingi para kepala OPD dalam ekspos 3 tahun kepemimpinannya itu.


    Pada aspek pendidikan, sambungnya, data statistik Padang Pariaman 2023 menunjukkan rata-rata lama sekolah mengalami peningkatan dari 7,87 tahun pada tahun 2020, menjadi 8,41 tahun pada tahun 2023.


    “Hal ini juga terlihat pada harapan lama sekolah yang naik dari 13,67 tahun pada tahun 2020 menjadi 14,19 tahun pada tahun 2023,” imbuhnya.


    Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menunjukkan tren positif dengan peningkatan dari 70,61 pada tahun 2020 menjadi 72,61 pada tahun 2023.


    “Komponen pengukur IPM, seperti angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita, ikut memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan IPM,” jelasnya.


    Lalu menyangkut PDRB harga berlaku Kabupaten Padang Pariaman, menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Peningkatannya dari 17.934.814,60 pada tahun 2020, menjadi 25.070.850,00 pada tahun 2023.


    “Begitu pula dengan laju pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,46% pada tahun 2023, menjadi yang tertinggi di Provinsi Sumatera Barat dan melampaui rata-rata Provinsi Sumatera Barat sebesar 4,62%,” ucapnya.


    Sementara itu, di sektor pembangunan Infrastruktur, Suhatri Bur lebih fokus pada kegiatan pembangunan fisik, baik Jalan, Jembatan, Irigasi dan sarana prasarana lainnya. Dalam pembangunan infrastruktur tersebut diutamakan pada pembangunan yang menyentuh keseharian masyarakat, seperti peningkatan jalan untuk mempermudah akses jalur yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat. Kemudian akses menuju Objek wisata, akses ke tempat ibadah dan mempermudah anak- anak menjalani pendidikannya.


    "Total peningkatan infrastruktur pada tahun 2023 berupa pembangunan jalan sepanjang 81.000 meter dan pembangunan jembatan sepanjang 124 meter, semuanya menyebar di wilayah  Kabupaten Padang Pariaman." sebutnya.


    Tidak hanya itu Suhatri Bur juga menyampaikan beberapa penghargaan yang di terima selama 3 tahun terakhir antara lain:

     

    1. Kabupaten Terinovatif Tingkat Nasional yang diserahkan Menteri Dalam Negeri.


    2. Anugerah Parahita Ekapraya Ketegori Nindya yang diserahkan oleh Meteri Sosial. 


    3. Penghargaan terhadap kinerja dan Kepedulian yang tinggi dalam mendukung program Bergerak bersama Menuju PAUD Berkualitas dari Kemnterian Pendidikan, Kebudayaan, , Riset, dan Teknologi RI.


    4. Manggala Karya Kencana dari BKKBN.


    5. Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham R.I.


    6. Penghargaan Top Pembina BUMD dari Kementerian BUMN R.I.


    7. Anugerah Predikat Kualitas Tinggi Terhadap Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik tahun 2023 dari Ombudsman RI


    8. Terbaik III Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Provinsi Sumatera Barat


    9. Penghargaan Khusus atas Pencapaian Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi dari Gubernur Sumatera Barat.


    10. WTP Ke 10 dari BPK Sumatera Barat.


    11. Kabupaten Informatif tahun 2023 Sumatera Barat dari Komisi Informasi Sumatera Barat.


    12. Kabupaten Terinovatif Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 dari Gubernur Sumatera Barat.


    13. Juara Satu Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik Untuk RSUD Parit Malintang dari Pemprov. Sumatera Barat.


    14. Terbaik I di Sumatera Barat dalam pelaksanaan Program Gerakan Menuju Smart City Indonesia Tahun 2023.


    "Tentunya semua pencapaian dan penghargaan yang sudah kita terima tak luput dari dukungan semua pihak, ranah, rantau perangkat daerah dan seluruh masyarakat Padang Pariaman  serta peran dari rekan rekan media sebagai jembatan penghubung pemerintah,' sebutnya mengakhiri.


    Dalam kunjungan yang berlangsung penuh keakraban tersebut, nampak hadir Kadis Kominfo Zahirman beserta jajaran sebagai pelaksana kegiatan, Kepala Bapelitbangda Azwarman, Kepala Disdikbud Anwar, Kepala Dinas PUPR El Abdes, Kepala Disdagnakerkop UKM Jon Kenedi, Kepala BPKD Taslim Letter, Kadis Perikanan Khairul Nizam, Kadis Perhubungan Rifki Monrizal, Kalaksa BPBD Budi Mulya, Sekretaris Disparpora Alfiardi, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Kabag Renkeu, Kabag PBJ, Kabag Hukum, kabag TPKS, dan Direktur RSUD dr. Syafrinawati.


    (Jama)

    Komentar

    Tampilkan