-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Pj Bupati Kabupaten Tangerang Menyerukan Pola Pertanian Terpadu di Desa Kohod Kecamatan Paku Haji

    Metronewstv.co.id
    Thursday, February 1, 2024, 07:17 WIB Last Updated 2024-02-01T00:17:41Z

    Kabupaten Tangerang - Penjabat (Pj) Bupati Andi Ony Prihartono sangat mengapresiasi Kepala Desa (Kades) Kohod Arsin, yang berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang.


    Kolaborasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan pola pertanian terpadu berkelanjutan atau integrated farming.


    Hal itu dikatakan oleh Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono, saat melakukan penanaman bibit cabai di lahan sekitar 6.000 meter yang berlokasi di Desa Kohod Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (31/1/2024).


    "Saya sangat mengapresiasi sebuah program Kepala Desa Kohod dan Kades lainnya di Kecamatan Pakuhaji, atas kepeduliannya mendukung program pemerintah khususnya Pemkab Tangerang yang menindaklanjuti arahan dari bapak Presiden Republik Indonesia untuk kita bagaimana caranya mengatasi inflasi," tuturnya


    Lanjut, ia menyampaikan bahwa penanaman cabai tersebut bukan hanya untuk menekan inflasi, tetapi sebagai bentuk pola pertanian terpadu berkelanjutan yang memanfaatkan lahan untuk beberapa komoditi dalam satu kawasan lahan.


    "Hari ini kita datang ke Desa Kohod untuk menanam cabai di lahan seluas 6.000 meter, bersamaan dengan penebaran benih ikan luas di sekitar lahan cabai sebagai salah satu pola integrated farming," tukasnya.


    Ia menuturkan, pola pertanian terpadu berkelanjutan atau integrated farming tersebut nanti dapat memberikan manfaat dan hasil panen nanti dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Kohod, bahkan masyarakat di luar Kecamatan Pakuhaji.


    Ia meminta, Dinas Pertanian terus mengembangkan pola pertanian terpadu berkelanjutan di wilayah lainnya, tidak hanya di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji.


    "Ini merupakan contoh yang baik dari Kepala Desa Kohod Arsin, saya mohon kepada Dinas Pertanian menjadi pembimbing dan ini bisa menjadi integrated farming, pertanian terpadu berkelanjutan bukan hanya tanaman tetapi juga perikanan juga bisa ternak ayam atau bebek," sambungnya.


    Selain itu, Kades lainnya bisa berkolaborasi, berinovasi mengembangkan potensinya, bekerjasama dengan OPD terkait, baik pihak kecamatan maupun stakeholder lainnya sebagaimana yang telah dilakukan oleh Kades Kohod.


    "Saya minta ini bukan hanya kegiatan seremonial saja tetapi juga akan berkelanjutan ke depannya dan akan dicontoh oleh para kepala desa yang lain di Kecamatan Pakuhaji maupun di Kecamatan lainnya," pungkasnya.


    (Nuryadi)

    Komentar

    Tampilkan