-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Pemerintah Kabupaten Okuselatan Tinjau Tanah Longsor di Kelurahan Batubelang Jaya

    Metronewstv.co.id
    Monday, February 19, 2024, 21:17 WIB Last Updated 2024-02-19T14:17:49Z

    Muaradua - Tingginya intensitas curah hujan dan akibat dari Saluran pembuangan yang mengikis tanah menyebabkan Longsor di Kelurahan Batu Belang Jaya Kecamatan Muaradua dan mengancam setidaknya 17 Rumah Terdampak Ambruk.


    Terkait kejadian ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui BPBD, Dinas Perkim, Camat Muaradua, Lurah Batu Belang Jaya, Kaling 8 dan 9, turun langsung ke lokasi untuk melakukan Survei terkait penanganan tanah longsor tersebut, Senin (19/02/2024).


    Setelah dilakukan survei lokasi terlihat  Diameter Tanah Longsor yang terjadi di perkirakan sekitar 50 meter dengan kedalaman  20 meter, dan jarak terdekat dengan pemukiman warga sekitar 30 Cm. 


    Setelah melakukan survei bersama instansi dan pemerintahan terkait yang dilaksanakan diruang Rapat Kantor BPBD OKU Selatan maka dihimbau  kepada warga yang terdampak, untuk melakukan pengungsian ke rumah keluarga atau ke tempat lainnya, dalam hal ini difasilitasi oleh BPBD OKU Selatan baik bantuan biaya maupun logistik. Selanjutnya Mengalihkan aliran air / drainase ke islamic center untuk mengurangi longsor.


    Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B.Comm. melalui Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU Selatan Koni Ramli mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten OKU Selatan memberi Penanganan terhadap korban, dengan cara mengevakuasi warga terdampak ke tempat yang lebih aman, dan mensosialisasikan kepada warga terkait hunian, disarankan agar warga pindah tempat tinggal karena kondisi tanah labil/berpasir tidak aman. Melakukan komunikasi relokasi ganti rugi atau kesepakatan lainnya, dan Penanganan terhadap sumber masalah, di rencanakan akan dialihkan drainase ke drainase islamic center.


    Bupati terkait adanya longsor ini mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten OKU Selatan yang bermukim di area perbukitan dan aliran sungai untuk waspada dan hati-hati, mengingat saat ini masih musim penghujan, dan hujan mengguyur hampir diseluruh wilayah OKU Selatan

      

    (Awaludin)

    Komentar

    Tampilkan